Kemkominfo Terus Buru Pengunggah Video Pembunuhan Haringga

Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Menkominfo Rudiantara menikmati foto yang dinobatkan sebagai Photo of The Year 2017 karya pewarta Antara Foto Jessica Helena Wuysang di Galeria Fatahillah, Jakarta, Jumat (21/4) [Antara/Irwansyah Putra].
Menkominfo Rudiantara menikmati foto yang dinobatkan sebagai Photo of The Year 2017 karya pewarta Antara Foto Jessica Helena Wuysang di Galeria Fatahillah, Jakarta, Jumat (21/4) [Antara/Irwansyah Putra].

Kemkominfo akan mencari tahu orang-orang yang menyebar video pembunuhan Haringga dan melaporkan mereka ke polisi.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan akan terus memburu orang-orang yang mengunggah video pembunuhan Haringga Sirila, pendukung klub sepak bola Persija Jakarta yang tewas saat akan menyaksikan laga antara Persib Bandung vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 23 September kemarin.

Menteri Kominfo, Rudiantara, mengatakan saat ini pihaknya sudah mengirimkan permintaan take down terhadap 450 URL berisi video tersebut yang tersebar di berbagai platform media sosial.

"Video itu tidak baik untuk masyarakat karena menampilkan kekerasan," kata Rudiantara di gedung Kemkominfo Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi menyebarkan video pembunuhan Haringga tersebut di berbagai platform media sosial karena akan menimbulkan keresahan.

Di tempat yang sama, Dirjen Aptika Kementerian Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, menjelaskan pihaknya mengandalkan mesin AIS untuk mempercepat proses pencarian konten kekerasan.

"Dengan mesin AIS, begitu di-upload langsung kita bersihkan," tambahnya.

Lebih lanjut, Semuel yang juga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) ini mengatakan Kemkominfo siap dalam membantu kepolisian untuk melacak pengunggah video kekerasan di media sosial.

"Bukan hanya kita take down, tapi kita profiling orangnya, siapa yang upload. Data itu yang kita share ke polisi," tutupnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS