Waduh! Pengembang Android Bisa Maksa Pengguna Perbarui Aplikasi

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Waduh! Pengembang Android Bisa Maksa Pengguna Perbarui Aplikasi
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Google mengumumkan sejumlah alat dan fitur baru untuk pengembang yang menulis aplikasi untuk sistem operasi selulernya.

Suara.com - Pada Android Dev Summit yang diselenggarakan pada 6 hingga 8 November lalu, Google mengumumkan sejumlah alat dan fitur baru untuk pengembang yang menulis aplikasi untuk sistem operasi selulernya. Salah satunya adalah peluncuran pembaruan API dalam aplikasi.

API baru ini memungkinkan pengembang sekarang mendapatkan dua cara baru untuk mendorong pengguna memperbarui aplikasi mereka.

"Ini adalah sesuatu yang sudah lama ditanyakan oleh pengembang, di mana mereka ingin memastikan penggunanya memiliki versi terbaru dari aplikasi mereka," ucap Direktur Senior Google Manajemen Produk Android dan Hubungan Pengembang, Stephanie Saad Cuthbertson, seperti dikutip Tech Crunch.

Untuk saat ini, pembaruan API tersebut sedang dalam pengujian awal dengan beberapa mitra. Sebagaimana ditekankan Cuthbertson, fokus tim dalam beberapa tahun terakhir adalah memberi pengembang apa yang mereka inginkan.

Cara yang dapat ditempuh pengembang adalah dengan menampilkan pesan pemblokiran layar penuh yang akan ditampilkan, ketika pengguna memulai aplikasi dan saat pembaruan diterapkan. Hal itu ditujukan ketika pengembang ingin memastikan bahwa setiap pengguna melakukan upgrade saat terjadi bug.

Opsi kedua memungkinkan lebih banyak fleksibilitas, di mana pengguna dapat tetap menggunakan aplikasi saat pembaruan diunduh. Google memberikan hak sepenuhnya kepada pengembang untuk menyesuaikan arus pembaruan ini.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS