Matematikawan Sir Michael Atiyah Tutup Usia

Dythia Novianty
Matematikawan Sir Michael Atiyah Tutup Usia
Matematikawan, Sir Michael Atiyah. [Terje Bendiksby/Pool/AFP]

Salah satu ahli matematika terkemuka di dunia, Prof Sir Michael Atiyah, telah meninggal.

Suara.com - Salah satu ahli matematika terkemuka di dunia, Prof Sir Michael Atiyah, telah meninggal pada usia 89.

Sir Michael, yang bekerja di Universitas Cambridge sebelum pensiun, memberikan kontribusi yang luar biasa pada geometri dan topologi.

Sir Michael adalah penerima kehormatan tertinggi dalam matematika, Fields Medal. Dia meninggal pada hari Jumat (11/1/2019) waktu setempat.

Saudaranya Joe mengatakan bahwa dia adalah salah satu ahli matematika paling penting di abad ke-20.

"Dia telah dideskripsikan kepada saya oleh lebih dari satu profesor matematika sebagai ahli matematika terbaik di negara ini sejak Sir Isaac Newton," kata Atiyah.

Sir Michael juga mantan presiden Royal Society, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diterima oleh ilmuwan Inggris.

Prof Venki Ramakrishnan, presiden Royal Society saat ini, menggambarkannya sebagai "ahli matematika yang hebat".

"Sir Michael Atiyah juga orang yang luar biasa, yang sebagai presiden Royal Society, menunjukkan bahwa dia adalah seorang internasionalis sejati dan pendukung kuat untuk berinvestasi dalam bakat," tambahnya.

Sir Michael terkenal karena pengembangan bersama dari cabang matematika yang disebut teori-K topologis dan teorema indeks Atiyah-Singer.

Penelitiannya juga melibatkan wawasan mendalam yang berkaitan dengan konsep matematika yang dikenal sebagai "bundel vektor".

Karyanya di bidang ini telah membantu fisikawan teoretis untuk memajukan pemahaman mereka tentang teori medan kuantum dan relativitas umum.

Dia juga sesekali membuat puisi, bakat yang disorot oleh Prof Robbert Dijkgraaf, direktur Institute of Advanced Studies di New Jersey, di mana Sir Michael pernah bekerja di situs web pusat penelitian.

"Sir Michael Atiyah adalah seorang mentor, teman, dan panutan yang baik, yang tak tertandingi dalam kecerdasan dan energi. Warisannya dalam matematika dan fisika akan bertahan selamanya. Kepergiannya adalah kehilangan yang mengerikan, dan kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarganya. Dia akan sangat dirindukan oleh teman dan kolega di seluruh dunia," tuutpnya. [BBC]

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS