Viral! Nano Robot Ini Bisa Temukan Sperma dan Antarkan ke Ovum

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Viral! Nano Robot Ini Bisa Temukan Sperma dan Antarkan ke Ovum
Robot berukuran nano dapat menemukan sperma dan mengantarkannya ke ovum. [Twitter]

Sebuah video menampilkan robot berukuran nano dengan kemampuan dapat menemukan sperma dan mengantarkannya ke ovum viral di media sosial.

Suara.com - Sebuah video menampilkan robot berukuran nano dengan kemampuan dapat menemukan sperma dan mengantarkannya ke ovum viral di media sosial baru-baru ini. Diunggah pertama kali oleh salah satu akun Twitter @kashthefuturist pada 26 Januari lalu, video tersebut memperlihatkan cara kerja dari robot nano tersebut.

Rupanya, video tersebut merupakan sebuah penelitian yang dikembangkan pada tahun 2016 lalu. Penelitian tersebut bertujuan mengobati infertilitas yang disebabkan karena kemampuan berenang sperma yang rendah. Peneliti kemudian menciptakan sebuah robot berukuran super mini atau dikenal sebagai nano robot.

Penelitian yang dipublikasikan sebelumnya di jurnal Nano Letters ini menggambarkan sebuah robot yang disebut sebagai Spermbot. Robot ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pasangan yang belum dikaruniai anak.

Peneliti Jerman mengembangkan sebuah robot spiral logam berukuran nano yang dapat mengangkut ekor sperma dengan aman. Dengan menggunakan medan magnet yang berputar, peneliti dapat mengarahkan spermbot menuju sel sperma yang akan diangkut.

Peneliti menyebutkan bahwa medan magent dan spermbot tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada salah satu sel yang terlibat.

Dilansir dari Populer Science, ketika diuji di laboratorium, spermbot secara aktif memindahkan sperma yang sehat dari satu tempat ke tempat lain. Meski begitu, para peneliti kini tengah mencari cara untuk bisa melihat gerakan spermbot di dalam tubuh. Hal itu harus dilakukan agar peneliti bisa mengarahkan ke dalam sel telur.

Meski belum sempurna, video yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 780 kali ke sesama pengguna Twitter itu menuai beragam komentar dari warganet.

"Wow, nano Uber untuk tentara kecil yang pemalas," tulis pemilik akun Xialulee.

"Dan Terminator bisa terlahir," komentar CharlessMeriot.

"Menakjubkan, teknologi ini bisa menghadirkan dunia yang lebih baik," tambah nrmuralidhar.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS