Banyak Aplikasi Popular iPhone Diam-diam Merekam Aktivitas Layar Ponsel ?

Dythia Novianty
Ilustrasi aplikasi di iPhone. [Shutterstock]
Ilustrasi aplikasi di iPhone. [Shutterstock]

Banyak perusahaan besar merekam setiap Anda ketuk dan gesek pada aplikasi iPhone.

Suara.com - Banyak perusahaan besar merekam setiap Anda ketuk dan gesek pada aplikasi iPhone. Bahkan, kebanyakan kasus yang Anda sadari. Jajaran aplikasi itu juga tidak meminta izin kepada Anda sebagai pemilik iPhone.

Anda dapat mengasumsikan bahwa sebagian besar aplikasi mengumpulkan data tentang Anda. TechCrunch telah menemukan beberapa aplikasi iPhone populer, dari pelaku bisnis perhotelan, situs perjalanan, maskapai penerbangan, operator ponsel, bank dan pemodal, yang tidak meminta izin atau menjelaskan bahwa mereka tahu persis bagaimana Anda menggunakan aplikasi mereka.

Lebih buruk lagi, meskipun aplikasi ini dimaksudkan untuk menutupi bidang tertentu, beberapa secara tidak sengaja mengekspos data sensitif.

Aplikasi seperti Abercrombie & Fitch, Hotels.com dan Singapore Airlines juga menggunakan Glassbox, firma analisis pengalaman pelanggan, salah satu dari segelintir perusahaan yang memungkinkan pengembang menanamkan teknologi "Sesi Replay" ke dalam aplikasi mereka.

Sesi Reply ini memungkinkan pengembang aplikasi merekam layar dan memutarnya untuk melihat bagaimana penggunanya berinteraksi dengan aplikasi untuk mencari tahu apakah sesuatu tidak berfungsi atau jika ada kesalahan. Setiap ketuk, tekan tombol, dan entri keyboard dicatat serta dikirim kembali ke pengembang aplikasi.

"Bayangkan jika situs web atau aplikasi seluler Anda bisa melihat persis apa yang dilakukan pelanggan Anda secara real time dan mengapa mereka melakukannya?" cuit Glassbox.

Tidak semua aplikasi bocor data yang disembunyikan, tidak ada aplikasi yang diperiksa mengatakan mereka merekam layar pengguna apalagi mengirimnya kembali ke masing-masing perusahaan atau langsung ke cloud Glassbox.

Bisa jadi masalah itu terjadi pada salah satu pelanggan Glassbox tidak menyembunyikan data dengan benar.

Tanpa menganalisis data untuk setiap aplikasi, tidak mungkin untuk mengetahui apakah suatu aplikasi merekam layar pengguna tentang bagaimana Anda menggunakan aplikasi tersebut. Kami bahkan tidak menemukannya dalam cetakan kecil kebijakan privasi mereka.

Aplikasi yang diajukan ke Apple App Store harus memiliki kebijakan privasi, tetapi tidak ada aplikasi yang diulas menjelaskan dalam kebijakan mereka bahwa mereka merekam layar pengguna.

Abercrombie menjawab, membenarkan bahwa Glassbox membantu mendukung pengalaman berbelanja yang lancar, memungkinkan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah apa pun yang mungkin ditemui pelanggan dalam pengalaman digital mereka. Juru bicara yang menunjuk pada kebijakan privasi Abercrombie tidak menyebutkan Sesi Reply.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS