Asteroid Bersatelit Ini Akan Lintasi Bumi pada 26 Mei

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Asteroid Bersatelit Ini Akan Lintasi Bumi pada 26 Mei
Ilustrasi asteroid. (Shutterstock)

Sebuah asteroid besar dilaporkan sedang bergerak mendekati ke arah Bumi.

Suara.com - Sebuah asteroid besar dilaporkan sedang bergerak mendekati ke arah Bumi. Dalam laporan dari NASA, asteroid tersebut akan melintasi Bumi bersama dengan asteroid kecil sebagai satelit alaminya.

Menurut Earth Sky, astreroid bersatelit yang dikatalogkan sebagai (66391) 1999 KW4 ini akan melintas pada 26 Mei mendatang pukul 06:05 WIB. Dilaporkan bahwa duo asteroid ini memiliki diameter masing-masing 1,5 kilometer dan 500 meter.

Asteroid 1999 KW4 sendiri merupakan jenis asteroid Aten, yaitu batuan ruang angkasa yang orbitnya memotong orbit Bumi. Dalam bergerak mengelilingi Matahari, orbitnya bisa membawa asteroid ini berada di antara orbit Venus dan Bumi. Asteroid 1999 KW4 dapat mengelilingi Matahari setiap 188 hari.

Ketika lewat melintasi Bumi, asteroid tersebut akan melintas pada jarak yang sangat aman dari Bumi, yaitu sekitar 5,1 juta kilometer atau sekitar 13,5 kali jarak Bumi dan Bulan.

Para astronom diseluruh dunia berencana untuk mengamati asteroid ini melalui pengataman radar, mengingat jaraknya yang sangat jauh. Observatorium Arecibo di Puerto Rico akan mulai mengamati asteroid ini hingga 7 Juni mendatang.

Ilustrasi sebuah asteroid melesat sebelum membentur permukaan Bumi. [Shutterstock]
Ilustrasi sebuah asteroid melesat sebelum membentur permukaan Bumi. [Shutterstock]

Asteroid 1999 KW4 ini sendiri ditemukan oleh para astronom di Lincold Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di Socorro, New Mexico, pada tahun 1999. Menariknya, asteroid ini memiliki bentuk bulat pepat dengan ekuatornya yang menggembung, mirip dengan asteroid Bennu dan Ryugu.

Sementara itu, asteroid satelitnya berbentuk sedikit lonjong dan butuh waktu sekitar 16 jam untuk sekali mengitari asteroid induknya.

Setelah melintas pada 26 Mei mendatang, jarak terdekat yang dicapai asteroid 1999 KW4 terhadap Bumi akan terjadi lagi pada 25 Mei 2036.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS