alexametrics

Bikin Ponsel 5G, Vivo Gunakan Chipset Buatan Samsung?

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Bikin Ponsel 5G, Vivo Gunakan Chipset Buatan Samsung?
Samsung Exynos 980. [Samsung]

Samsung telah mengumumkan kehadiran chipset terbaru mereka, Exynos 980.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Samsung mengumumkan kehadiran chipset terbaru mereka, Exynos 980. Chipset ini tercatat sebagai prosesor mobile pertama Samsung yang punya modem 5G.

Sebagaimana dilansir laman Sammobile, Kamis (7/11/2019), kehadiran chip tersebut merupakan bentuk perhatian perusahaan terhadap konektivitas 5G pada perangkat yang lebih ekonomis.

Menariknya, produsen ponsel asal China, Vivo mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah mengembangkan ponsel 5G yang bakal ditenagai Exynos 980.

Bahkan, Samsung dan Vivo dikabarkan telah menjadwalkan konferensi pers di Beijing, China, untuk menggelar peluncuran ponsel 5G yang dimaksud.

Baca Juga: Gara-gara Albert, Warganet Ini Negosiasi Ibunya Gantikan Pakai Pizza Gratis

Konon, kolaborasi antara Vivo dengan Samsung ini akan tertuang dalam sebuah perangkat yang mengusung nama Vivo X30. Seandainya kabar ini benar, maka ponsel tersebut akan menjadi perangkat pertama Vivo yang memakai chip Samsung.

Terlepas dari rencana tersebut, Samsung mendesain Exynos 980 pada teknologi proses FinFET 8 nm. Prosesor ini memiliki kekuatan octa-core yang memuat dua core Cortex-A77 2,2 Ghz dan enam core Cortex-A55 1,80 GHz.

Ilustrasi salah satu toko vivo. [AFP/Mauricio Lima]
Ilustrasi salah satu toko vivo. [AFP/Mauricio Lima]

Nantinya, chip ini akan dipadukan dengan GPU Mali-G76 MP5 yang sudah mendukung penyimpanan UFS 2.1 dan tampilan WQHD+ (3360 × 1440 piksel).

Selain itu, Samsung mengklaim jika prosesor ini sanggup menjalankan sistem sensor tunggal beresolusi 108 MP atau sistem kamera ganda 20 MP + 20 MP.

Baca Juga: Indonesia Minim Tenaga Ahli Data Center dan AI

Komentar