Perbandingan Earbuds TWS Realme Buds Air vs Apple AirPods 2

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Perbandingan Earbuds TWS Realme Buds Air vs Apple AirPods 2
Apple Airpods 2. [Shutterstock]

Suara.com tertarik membandingkan Realme Buds Air Vs Apple AirPods 2.

Suara.com - Tak lama setelah Apple memperkenalkan perangkat berbasis True Wireless Stereo (TWS) melalui Airpods 2, banyak perusahaan turut menggarap earbuds dengan teknologi serupa.

Realme misalnya, belum lama ini mereka meluncurkan earbuds TWS perdananya di Indonesia yang mengusung nama Realme Buds Air.

Tapi sebelum sampai ke Indonesia, perangkat tersebut ramai diberitakan lantaran bentuk Realme Buds Air yang mirip dengan AirPods 2. Kemiripan bisa dilihat dari bentuk earphone hingga case perangkat tersebut.

Seandainya ada perbedaan paling mencolok, bisa dilihat dari harga jual kedua produk yang jauh berbeda.

Sekadar meramaikan perdebatan di internet tentang kedua produk ini, Suara.com tertarik membandingkan Realme Buds Air Vs Apple AirPods 2 yang ulasannya bisa dilihat di bawah ini.

Desain

Bicara tampilan luar, kedua perangkat tersebut sepintas tiada bedanya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kemiripan terlihat jelas pada bentuk casingnya.

Kedua casing earbuds TWS ini sama-sama berbentuk persegi yang tiap sudutnya dibuat melengkung dan berukuran kecil agar mudah digenggam, sekaligus tidak memerlukan ruang yang besar untuk menyimpan casing, ketika earbuds sedang digunakan.

Kesamaan lainnya, baik Buds Air maupun AirPods 2, juga sama-sama punya indikator LED pada bagian muka casing yang berfungsi sebagai indikator fungsi pemakaian.

Airpods 2. [Shutterstock]
Airpods 2. [Shutterstock]

Hanya saja, ada sedikit perbedaan pada desain Buds Air karena memiliki tombol pairing yang memungkinkan proses pemasangan antarperangkat (pairing) menjadi lebih cepat dan mudah.

Pembeda lainnya tentu saja pada pemasangan logo di bagian belakang Buds Air yang terdapat identitas bertuliskan "Design by Realme".

Ketika membuka kotak casingnya, pengguna bisa mendapati sepasang earbuds TWS. Untuk Buds Air, jika sudah pernah di-pairing, earbuds akan langsung terkoneksi berkat adanya fitur Open-up Auto Connection dari Google Fast Pair.

Ketika perangkat earphone TWS diangkat, pada Buds Air tampak gagangnya cenderung memiliki faktor bentuk yang sedikit persegi dan tampak jelas. Sedangkan pada Apple AirPods 2, gagangnya cenderung membulat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS