Ringan dan Bisa Dimainkan Lewat GoJek, Google Rilis GameSnacks

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ringan dan Bisa Dimainkan Lewat GoJek, Google Rilis GameSnacks
Gamesnacks. [Gamesnacks]

GameSnacks merupakan proyek dari divisi Area 120, unit internal Google yang mengembangkan proyek eksperimental.

Suara.com - Kekinian banyak pengembang game yang membuat mobile game dengan kualitas grafis tinggi. Namun, untuk memainkan game tersebut juga dibutuhkan smartphone dengan spesifikasi mendukung.

Di sisi lain, kualitas jaringan internet juga menjadi salah satu faktor dalam bermain game. Koneksi yang lambat dapat membuat game berjalan dengan buruk. Karenanya, Google mencoba mengisi celah ini dengan meluncurkan GameSnacks.

GameSnacks merupakan proyek dari divisi Area 120, unit internal Google yang mengembangkan proyek eksperimental. GameSnacks berisi beragam game kasual berbasis web yang ringan dan dapat dimainkan di smartphone dengan spesifikasi rendah, serta jaringan internet yang lambat.

Menurut Google, game berbasis web HTML5 ini seharusnya berjalam di hampir semua ponsel dan dapat dimainkan dalam beberapa menit, meskipun pengguna memakai koneksi internet lambat dengan kecepatan di bawah 1 Mbps.

Biasanya, perangkat dengan 1 GB RAM dan koneksi lambat membutuhkan waktu lebih dari 10 detik untuk memuat game web yang sederhana dan kebanyakan orang tidak sabar jika halaman tersebut memuat dengan waktu lebih dari tiga detik.

Tim Area 120 bekerja dengan pengembang untuk mempercepat game dengan mengurangi ukuran halaman HTML yang awalnya dimuat, mengompresi aset tambahan seperti skrip, gambar, dan suara, serta hanya memuat konten saat dibutuhkan.

Desain GameSnacks pun dibuat sederhana, menyenangkan, dan ideal untuk gamer kasual. Permainan hanya berlangsung selama beberapa menit dan memiliki aturan langsung yang dapat dipelajari tanpa instruksi.

Game GameSnacks dapat diakses pada perangkat berkemampuan web apapun. Setiap game mendukung kontrol sentuh, keyboard, dan mouse dan dapat dimainkan di perangkat Android, iOS, dan dekstop. Tak hanya itu, khusus gamer di Indonesia, GameSnacks juga akan segera tersedia di aplikasi GoJek melalui ekosistem GoGames.

Gamesnacks. [Google]
Gamesnacks. [Google]

"Kami juga bermitra dengan GoJek untuk menghadirkan game GameSnacks ke ekosiatem GoJek melalui GoGames. Melalui kemitraan ini, kami akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih mudah diakses bagi pengguna di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia," tulis Ani Mohan, General Manager GameSnacks dalam postingan blog resmi Google.

Saat ini, tim Area 120 masih akan menambahkan lebih banyak game berkualitas ke katalog game GameSnacks. Pengembang game HTML5 yang tertarik untuk membuat game seperti GameSnacks pun dapat menghubungi tim Area 120.

Adapun beberapa judul game di dalam GameSnacks mencakup Bridge of Doom, Bubble Woods, Road Fury, Groovy Ski, Jump with Justin, Tower, dan masih banyak lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS