Selamat Tinggal! Layanan Google Station di Indonesia Berakhir

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Selamat Tinggal! Layanan Google Station di Indonesia Berakhir
Ilustrasi Google. (Shutterstock)

Berita kurang baik untuk pengguna Google Station di Indonesia.

Suara.com - Google memperkenalkan layanan WiFi gratis bernama Google Station pada Agustus 2017 di Indonesia. Saat diluncurkan, Google Station ditujukan untuk menjembatani masyarakat yang tidak bisa menikmati koneksi internet yang baik.

Melalui program tersebut, Google bermitra dengan perusahaan telekomunikasi dan Internet Service Provider (ISP) untuk menyediakan akses WiFi yang cepat dan gratis di berbagai ruang publik.

Tetapi, Google akan mengakhiri layanan tersebut di Indonesia secara bertahap pada tahun 2020. Itu dilakukan setelah mempertimbangkan perubahan penggunaan jaringan internet di Indonesia saat ini dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu saat Google Station diperkenalkan.

"Google melihat adanya perubahan teknologi, jaringan 4G sekarang sudah lebih banyak dan harga internet sekarang sudah semakin terjangkau di Indonesia, jadi sekarang kami mau transisi tahun ini. Beberapa bulan ke depan, kami akan bekerja sama dengan para partner dalam masa transisi ini," ucap Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia, saat ditemui di acara Grow with Google di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Menurut laman resmi Google mengenai Google Station, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pun melaporkan bahwa sebanyak 171 juta orang atau 64,8 persen dari total populasi Indonesia sudah terhubung ke internet di tahun 2018, meningkat dari 54,86 persen yang tercatat pada 2017.

Google Station. [Shutterstock]
Google Station. [Shutterstock]

Perubahan ini membuat Google sulit untuk terus menskalakan program Google Station dan meneruskannya secara berkelanjutan. Menurut Jason, tidak hanya di Indonesia namun layanan Google Station yang ada di seluruh dunia pun akan diakhiri secara bertahap.

Sebelumnya, Google Station diperkenalkan pertama kali di India pada 2018. Di India, Google menggandeng perusahaan lokal yakni RailTel dan Indian Railways untuk memasang koneksi WiFi di sekitar 200 stasiun kereta. Lewat proyek ini Google telah memperkenalkan internet ke 15.000 penduduk India untuk pertama kalinya.

Namun menurut Tech Crunch, Google pun akan mengakhiri layanan WiFi gratis ini di India. Penyebabnya juga serupa, karena harga data seluler menjadi semakin murah sehingga Google Station tidak lagi diperlukan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS