Larry Tesler, Pencipta Konsep Copy - Paste, Tutup Usia

Liberty Jemadu
Larry Tesler, Pencipta Konsep Copy - Paste, Tutup Usia
Ilustrasi fitur copy - paste pada sebuah komputer. [Shutterstock]

Larry Tesler menjadi pelopor pengembangan konsep cut-copy-paste ketika ia masih bekerja untuk Xerox.

Suara.com - Ilmuwan komputer yang menciptakan konsep cut - copy - paste, salah satu fitur yang paling populer dan bermanfaat di dunia saat ini, Larry Tesler wafat pada pekan ini di usia 74 tahun.

Tesler menjadi pelopor pengembangan konsep cut-copy-paste yang bermanfaat untuk menyalin teks dan dengan mudah memindahkannya ke tempat lain ketika ia masih bekerja untuk Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di Amerika Serikat pada dekade 1970an.

Pada dekade 1980an sampai 1990an, Tesler kemudian pindah ke Apple dan turut mengembangkan beberapa komputer seperti Lisa, Macintosh, dan Newton.

Tesler bergabung dengan Apple setelah ia ditugaskan untuk menemani Steve Jobs berkeliling Xerox PARC pada 1979. Dalam tur itu, ia menunjukkan kerja komputer-komputer Xerox, termasuk konsep cut - copy - paste.

"Steve sangat tertarik dan ia berjalan di dalam ruangan itu sembari sesekali melihat ke layar komputer," kata Tesler dalam sebuah acara pada 2011 lalu.

Ada kata-kata Jobs yang tak bisa dilupakan oleh Tesler dalam tur itu.

"Kalian duduk di atas tambang emas. Mengapa kalian tidak memanfaatkan teknologi ini... kalian bisa mengubah dunia," kata Tesler mengulang Jobs.

Pada 1980 Tesler pun diajak Jobs untuk bergabung dengan Apple. Di sana ia diberi tugas untuk mengembangkan komputer Apple Lisa.

Tesler meninggalkan Apple pada 1997 dan pindah ke Amazon. Ia kemudian hengkang kembali ke Yahoo dan bekerja untuk 23andMe sebelum pensiun.

Adapun penyebab wafatnya Tesler belum diketahui. Apple juga belum memberikan komentar terkait wafatnya salah satu pelopor dalam dunia komputer tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS