Sama dengan di Singapura, Kominfo Ganti Aplikasi untuk Lacak Covid-19

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Sama dengan di Singapura, Kominfo Ganti Aplikasi untuk Lacak Covid-19
Menkominfo Johnny Plate pada pekan ini meluncurkan aplikasi Tracetogether untuk melacak pasien Covid-19. Belakangan aplikasi itu diganti karena mirip dengan di Singapura. [Antara]

Menkominfo Johnny Plate, ketika ditanya wartawan dalam jumpa pers online Kamis, membantah bahwa aplikasi Tracetogether buatan Singapura.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pada Jumat (27/3/2020), mengumumkan telah mengganti aplikasi untuk menelusuri para pengidap Covid-19 di Indonesia, dari Tracetogether menjadi PeduliLindungi.

"PeduliLindungi (nama aplikasinya)," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli dalam pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

Menteri Komunikasi dan Informatia, Johnny Plate pada Kamis kemarin memang meluncurkan aplikasi Tracetogether untuk melacak dan menelusuri penderita Covid-19 dan membatasi penyebaran virus tersebut.

Nama itu benar-benar sama dengan nama aplikasi serupa di Singapura. Plate ketika ditanya oleh wartawan dalam jumpa pers online pada Kamis membantah bahwa aplikasi Tracetogether buatan Singapura. Ia menekankan bahwa aplikasi itu dibuat oleh orang Indonesia.

Tetapi publik curiga aplikasi itu memang buatan negeri singa, karena pekan ini pemerintah Singapura mengumumkan menjadikan teknologi di balik Tracetogether, Blue trace, sebagai open source - sehingga bisa digunakan secara gratis di seluruh dunia untuk memerangi Covid-19.

Kominfo menjelaskan bahwa nama Tracetogether diganti menjadi aplikasi PeduliLindungi, agar tidak ada kesan plagiat. Menurut Ramli yang dimaksud oleh Menkominfo adalah aplikasi sejenis TraceTogether, karena di dalamnya juga terdapat beberapa fitur yang sama.

"Di situ mention sejenis Tracetogether. Ini nama umumnya meng-trace, seperti kita menyebutkan printer, infocus, dan lainnya. Ini aplikasi bekerja seperti trace," imbuhnya.

Adapun aplikasi PeduliLindungi kini sedang dikembangkan oleh Kominfo dan akan segera diuji coba dalam waktu dekat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS