Hak Jawab Kominfo: Tak Ada Permintaan Agar Publik Tak Boros Pakai Internet

Liberty Jemadu
Hak Jawab Kominfo: Tak Ada Permintaan Agar Publik Tak Boros Pakai Internet
Menkominfo Johnny G.Plate dalam ajang The NextDev 2019 di Jakarta. [Dok Telkomsel]

Pemberitaan dinilai bisa membentuk opini bahwa pemerintah tidak responsif dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat selama pelaksanan kebijakan social/physical distancing.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengklarifikasi pemberitaan yang berjudul "Kominfo Minta Publik Tak Boros Pakai Internet di Tengah Pandemi Covid-19" pada 23 Maret 2020 kemarin.

Dalam hak jawab yang diterima Suara.com, Sabtu malam (4/4/2020), Plt. Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengemukakan tiga poin keberatan atas berita yang dimuat berdasarkan jumpa pers online pada 23 Maret 2020 itu.

"Ada tiga hal dalam pemberitaan yang kami nilai bisa membentuk opini bahwa pemerintah tidak responsif dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat selama pelaksanan kebijakan social/physical distancing untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan berdoa di rumah," tulis Ferdinandus dalam suratnya.

Pertama soal penggunaan kata “Tak Boros Pakai Internet di Tengah Pandemi Covid-19” merupakan kata-kata mengandung opini dan simpulan yang tidak berkaitan dengan fakta yang disajikan dalam tubuh berita.

"Menurut hemat kami penggunaan kata Boros adalah pendapat pribadi wartawan karena tidak ada dalam pernyataan Menteri Kominfo Johnny G. Plate selama konferensi pers berlangsung," beber Ferdinandus.

Kedua adalah penggunaan kata “efisien” dalam paragraf kedua, tidak pernah dinyatakan secara langsung oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

"Dalam kalimat kutipan langsung pada berita paragraf kedua: “Kita harus jaga biar bisa efisien penggunaannya,” tidak pernah dinyatakan secara langsung. Hal itu bisa dicek dalam transkrip rekaman yang ada dalam tautan berikut https://youtu.be/2aXAeZH6h1w?t=4747 menit 1:19:05 s.d. 1:21:54," jelas dia.

Ketiga, berdasarkan rekaman yang sama, konteks pernyataan menteri didasarkan pada pertanyaan mengenai akses terhadap situs film ilegal (sesuai dengan pertanyaan salah satu pekerja media). Namun keterangan tentang hal itu tidak disajikan dalam judul maupun tubuh berita.

Sebelumnya Suara.com menayangkan berita dengan judul "Kominfo Minta Publik Tak Boros Pakai Internet di Tengah Pandemi Covid-19" pada 23 Maret 2020 lalu, yang dilansir dari kantor berita Antara. Berita yang dimaksud telah dikoreksi sesuai dengan klarifikasi dan hak jawab dari Kominfo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS