alexametrics

Tagar Supermoon Trending di Twitter, Warganet Abadikan Fenomena Itu

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tagar Supermoon Trending di Twitter, Warganet Abadikan Fenomena Itu
Supermoon. [Pixabay/Kelvin Stuttard]

Fenomena langit berupa Supermoon terlihat di langit Indonesia.

Suara.com - Fenomena langit berupa Supermoon terlihat di langit Indonesia. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak Supermoon terlihat pada 8 April pukul 01.08 WIB dengan jarak 356.910 km dari Bumi.

"Pada senja hari Selasa, 7 April 2020, arahkanlah pandangan ke langit di arah Timur. Jika langit sedang cerah, akan terlihat bulatan Bulan yang ukurannya cukup besar dibandingkan biasanya. Semakin malam ia akan semakin dekat hingga pada tengah malam 8 April 2020 pukul 01.08 WIB, Bulan berada di "perige" dengan jarak 356.910 km dari Bumi," cuit akun Twitter resmi @infoBMKG pada 7 April.

Supermoon pada 8 April ini merupakan salah satu dari tiga Supermoon yang terjadi pada 2020. Dua Supermoon lainnya terjadi pada 10 Maret 2020 dan 7 Mei 2020 mendatang.

Postingan BMKG. [Twitter]
Postingan BMKG. [Twitter]

Pada Supermoon kali ini, ukuran jari-jari Bulan lebih besar daripada ukuran Bulan Purnama perige pada 7 Maret 2020 dan 7 Mei mendatang. Karena itu, Supermoon 8 April 2020 merupakan puncak Supermoon pada 2020 ini.

Baca Juga: Smartphone dengan Kamera Bersensor 192 MP Siap Dirilis Bulan Depan?

Banyak orang yang mengamati fenomena ini di Indonesia, dengan atau tanpa alat pengamatan tambahan seperti teleskop untuk melihat Supermoon lebih jelas. Warganet pengguna media sosial Twitter pun turut membagikan peristiwa langit ini di lini masa.

Tak sedikit yang mengunggah foto penampakan langit dan Bulan dari atas rumah menggunakan smartphone dan kamera. Unggahan itu pun juga disematkan tagar #supermoon hingga menduduki Trending Topic Twitter Indonesia dengan lebih dari 66 ribu cuitan.

"Keluar rumah deh, kalau kamu bisa liat #supermoon di langit yang sama berarti kita deket. Aw," tulis akun @ughteagilak yang mengunggah video Supermoon berdurasi 17 detik.

"MasyaAllah terang gede banget alias terang seperti melihat masa depan #supermoon," komentar @alpiansyeeeh dengan membagikan dua foto bidikan Supermoon miliknya.

Postingan warganet #supermoon. [Twitter]
Postingan warganet #supermoon. [Twitter]

"#supermoon Liat keluar bentar, Bulannya indah. Sudah dulu sedihnya ya, semangat. Jangan lelah untuk berjuang, sedikit lagi pasti bisa. Kamu kuat, kamu hebat," tambah @eejwithyou seraya membagikan empat foto Supermoon hasil tangkapannya.

Baca Juga: Bersin Mencapai 8 Meter, Ilmuwan Minta Kaji Kembali Physical Distancing

Postingan warganet #supermoon. [Twitter]
Postingan warganet #supermoon. [Twitter]

"Sudah ngantuk, iseng buka tweet. Terus liat #supermoon. Auto keluar rumah buat liat Bulan. Semoga saja doi juga memandangi lagit yang sama. Upss ehehe," cuit @rakbarkhair yang juga membagikan foto Supermoon dalam cuitannya.

Komentar