Lebih Aman, Google Kembangkan Fitur Tolak Panggilan Spam

Dythia Novianty
Lebih Aman, Google Kembangkan Fitur Tolak Panggilan Spam
Ilustrasi telepon spam. [Shutterstock]

Google berinovasi seperti mencoba fitur bernama "Verified Call".

Suara.com - Maraknya telepon spam mendorong Google berinovasi untuk mengatasinya, seperti mencoba fitur bernama "Verified Call", panggilan terverifikasi di Brasil.

Melansir Antaranews mengutip The Verge, Senin (29/6/2020), fitu ini terintegrasi ke aplikasi Phone untuk pengguna ponsel Android di Brasil, menampilkan nama bisnis, logo, dan alasan menelpon.

"Kami melakukan uji coba fitur di aplikasi Phone yang bisa memverifikasi panggilan dari kontak bisnis di Brasil," sebut Google.

Google menyebut, fitur ini bisa membantu pengguna mengetahui identitas penelpon dari akun bisnis.

Google mengandalkan para pemilik bisnis untuk memberikan nomor telepon mereka, nomor telepon orang yang dikontak, serta alasan menghubungi. Jika semua infomasi sesuai, akan muncul tanda Verified Call saat ada panggilan masuk.

Fitur ini diperkirakan akan berguna untuk mengidentifikasi apakah panggilan yang termasuk itu "spam".

Logo Google. [Shutterstock]
Logo Google. [Shutterstock]

Namun, fitur ini diakui masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya, hanya akun bisnis yang sudah terdaftar ke Google yang akan diberi tanda. Jadi bukan berarti setiap panggilan yang masuk adalah spam.

Menurut Google, fitur ini hanya berlaku untuk aplikasi Google Phone, artinya tidak semua ponsel Android akan mendapatkan fitur ini.

Pengguna juga harus menambahkan nomor telepon ke akun Google untuk bisa menggunakan fitur ini. Google akan menghapus nomr telepon dan alasan panggilan dalam beberapa menit ketika panggilan sudah terverifikasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS