Waktu Terbaik Melihat Puncak Hujan Meteor Parseid di Jakarta

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Waktu Terbaik Melihat Puncak Hujan Meteor Parseid di Jakarta
Hujan Meteor Parseid. [Shutterstock]

Dari 21 hujan meteor yang melintasi Bumi sepanjang tahun, Perseid termasuk salah satu hujan meteor yang bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang.

Suara.com - Pada periode 17 Juli hingga 24 Agustus di setiap tahunnya, Bumi tengah melintasi jalur orbit Comet Swift-Tuttle yang merupakan induk dari hujan meteor Perseid.

Dari 21 hujan meteor yang melintasi Bumi sepanjang tahun, Perseid termasuk salah satu hujan meteor yang bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang, asalkan langit dalam kondisi cerah.

Saking banyaknya meteor yang melintasi Bumi, mengutip Timeanddate, Selasa (7/7/2020), melaporkan bahwa para astronom memperkirakan ada sekitar 60 hingga 100 meteor yang bisa dilihat manusia dalam waktu satu jam saja.

Selama 2020, Perseids memasuki puncaknya pada malam hari di tanggal 12-13 Agustus. Pada tanggal tersebut, hujan meteor diperkirakan terjadi dua kali.

Hujan Meteor Parseid. [Time and Date]
Hujan Meteor Parseid. [Time and Date]

Bagi warga Jakarta, hujan meteor Parseid pertama akan terjadi pada pukul 11.06 WIB. Namun karena siang hari, hujan meteor tidak akan begitu terlihat.

Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Parseid bagi warga Jakarta justru terjadi pada pukul 00.16 WIB. Menariknya, fenomena langit ini bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa alat bantu sekalipun.

Untuk menikmati hujan meteor Perseid, disarankan agar mencari tempat yang gelap, agar meteor bisa dilihat dengan lebih jelas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS