Kembali Gelar Bekup, Kemenparekraf Tantang Startup Bangkitkan Pariwisata

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Kembali Gelar Bekup, Kemenparekraf Tantang Startup Bangkitkan Pariwisata
Ilustrasi sejumlah pemuda sedang membahas konsel perusahaan rintisan atau startup. [Shutterstock]

Bekup 2020 akan digelar di Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar.

Suara.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Selasa (7/7/2020) resmi membuka program Baparekraf for Startup atau (Bekup) yang di dalamnya para peserta ditantang untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah wabah Covid-19.

Bekup merupakan program tahunan yang diinisiasi oleh Bekraf sejak tahun 2016 dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan startup digital di Indonesia.

Di tahun kelima penyelenggaraannya ini, Bekup 2020 menyoroti fungsi startup untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

“Melalui program Bekup kami ingin membuka kesempatan lebar bagi para pelaku usaha, serta mendorong terciptanya inovasi digital dan kemampuan adaptasi mereka untuk meningkatkan kualitas wirausaha," ujar Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Program ini sendiri akan dilaksanakan dalam 5 batch di 5 kota besar di Indonesia, meliputi Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Nantinya, 20 pre-startup terbaik dari setiap batch akan dipilih pada tahapan seleksi awal untuk mengikuti bootcamp selama 3 hari.

Selanjutnya 20 pre-startup tersebut akan diseleksi kembali untuk menentukan 8 pre-startup terbaik dari setiap batch, sehingga total 40 pre-startup dari seluruh batch akan menerima mentoring intensif selama satu bulan guna mempersiapkan mereka menjalankan bisnisnya.

Untuk membina sekaligus membimbing para peserta, Bekup 2020 menyiapkan 110 mentor yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Selama periode bootcamp dan mentoring intensif, beragam materi akan diberikan oleh para mentor dalam bentuk workshop yang berfokus pada pertumbuhan mereka sebagai startup yang masih berada di tahap awal perkembangan bisnisnya. Semua kegiatan seleksi, bootcamp,dan mentoring akan dilakukan secara online.

Bagi masyarakat Indonesia yang memiliki konsep startup yang ingin dikembangkan, mereka bisa mengikuti pendaftaran BEKUP Batch pertama tahun 2020 akan dibuka di Jakarta pada tanggal 20 Juli 2020, lalu akan diikuti oleh batch kedua di Surabaya pada 29 Juli, ketiga di Bali pada 7 Agustus, keempat di Medan pada 20 Agustus, dan kelima di Makassar pada 1 September.

Lebih dari 500 startup ditargetkan untuk berpartisipasi dalam program BEKUP 2020. Setelah melalui proses seleksi, startup ini akan dibina untuk kemudian dipilih 40 Startup terbaik yang akan masuk ke tahap inkubasi dengan mentor-mentor high profile di industri startup digital Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS