Perempuan Ini Sebarkan Virus Corona ke 71 Orang Meski Tak Ketemu Siapapun

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Perempuan Ini Sebarkan Virus Corona ke 71 Orang Meski Tak Ketemu Siapapun
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Seorang perempuan yang tidak memiliki gejala virus Corona (Covid-19), menginfeksi 71 orang tetangganya.

Suara.com - Seorang perempuan yang tidak memiliki gejala virus Corona (Covid-19), menginfeksi 71 orang tetangganya walaupun telah melakukan semua protokol kesehatan dengan benar.

Pelacakan menunjukkan, perempuan itu merupakan sumber dari lusinan infeksi setelah dia kembali ke rumahnya di Heilongjiang, China, dari perjalanan ke Amerika Serikat pada 19 Maret.

Dia meyakini telah melakukan semua protokol kesehatan dengan benar. Ia pergi sendirian ke rumahnya, melakukan karantina mandiri selama 14 hari, dan memesan makanan yang diletakkan di depan pintu. Secara teknis, perempuan itu tidak melihat dan bertemu siapapun.

Para ilmuwan percaya, para tetangganya yang terinfeksi disebabkan karena menyentuh tombol lift yang digunakan bersama di blok apartemennya.

Meskipun tidak melakukan kontak dengan siapapun, ia menjadi pasien nol dalam wabah tetangganya. Tes antibodi kemudian mengungkapkan bahwa dia adalah pembawa virus Covid-19 tanpa gejala.

Tiga minggu setelah dia kembali ke rumah, tetangganya di lantai bawah dan empat orang yang melakukan kontak dengan tetangga tersebut terbukti positif. Para ilmuwan mengatakan, kemungkinan mereka menggunakan lift yang sama pada waktu yang berbeda.

Tiga hari kemudian (29 Maret), ibu dan pacarnya menghadiri pesta dan berinteraksi dengan lelaki lain. Pada 10 April, keenam orang itu dinyatakan positif.

Lelaki dari pesta tersebut mengalami stroke sebelum dites positif terinfeksi Covid-19. Lelaki itu pergi ke rumah sakit pada 2 April bersama anak-anak lelakinya untuk merawatnya. Tak lama, anak-anak tersebut juga dinyatakan positif.

Ketiganya melakukan interaksi dengan staf rumah sakit dan pasien lain, tanpa sadar menularkan virus kepada mereka juga. Sebanyak 28 orang dilaporkan telah terinfeksi.

Pada pertengahan April, lelaki itu dipindahken ke rumah sakit lain, menambah serangkaian infeksi lain, dengan total 70 orang telah terinfeksi yang dapat ditelusuri kembali ke kasus tetangga sebelumnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS