Kabar Baik dari Vaksin Covid-19 Oxford Diumumkan Pekan Ini

Liberty Jemadu
Kabar Baik dari Vaksin Covid-19 Oxford Diumumkan Pekan Ini
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Calon vaksin virus corona dari Universitas Oxford, yang lisensinya sudah dibeli raksasa farmasi Inggris-Swedia, AstraZeneca, kini sedang dalam uji coba Fase III.

Suara.com - Kabar baik dari proses pengembangan vaksin Covid-19 Universitas Oxford di Inggris akan diumumkan pekan ini, demikian dikatakan Robert Peston, seorang editor politik pada stasiun televisi Inggris, ITV seperti dilansir Livemint.

Calon vaksin virus corona dari Oxford, yang lisensinya sudah dibeli raksasa farmasi Inggris-Swedia, AstraZeneca, kini sedang dalam uji coba Fase III yang melibatkan ribuan sukarelawan. Ia adalah salah satu calon vaksin yang pengembangannya paling cepat di dunia.

"Saya dengar akan ada kabar positif dalam waktu dekat (mungkin besok) soal hasil pengujian awal vaksin Covid-19 Oxford yang disokong oleh AstraZeneca," tulis Peston dalam sebuah blog.

Diduga kabar baik yang akan diumumkan paling cepat Kamis (16/7/2020) itu adalah laporan lengkap hasil uji coba Fase I. Laporan itu, yang akan diterbitkan oleh jurnal The Lancet, akan mengulas soal apakah calon vaksin itu aman untuk digunakan dan bisa memantik respon kekebalan dalam tubuh.

Juru bicara Oxford sendiri mengatakan bahwa timnya sedang menunggul konfirmasi dari sebuah jurnal ilmiah soal waktu penerbitan laporan tersebut.

Sementara menurut Bloomberg, nilai saham AstraZeneca naik 4 persen di London setelah kabar soal calon vaksin Covid-19 dari Oxford itu menyebar. AstraZeneca sendiri belum memberikan komentar resmi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS