Raungan Gunung Raung Terdengar di Pemukiman Warga, Status Masih Waspada

Liberty Jemadu
Raungan Gunung Raung Terdengar di Pemukiman Warga, Status Masih Waspada
Asap solfatara menyembur dari Gunung Raung terlihat dari Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur pada Juli 2015 silam. [Antara]

Raungan Gunung Raung terdengar warga Jember pada Kamis malam (23/7/2020).

Suara.com - Status Gunung Raung di Jawa Timur masih Waspada atau Level II, meski aktivitasnya fluktuatif dan suara raungannya terdengar hingga ke pemukiman warga.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyatakan Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) tingkat fluktuasinya kecil. Meski demikian suara gemuruhnya terdengar oleh penduduk sekitar.

"Aktivitas Gunung Raung masih berfluktuasi kecil saja dan memang benar ada suara gemuruh yang terdengar pada Kamis (23/7/2020) malam," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Kementerian ESDM, Hendra Gunawan saat dihubungi dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat malam (24/7/2020).

Menurutnya, suara gemuruh yang terdengar masyarakat di lereng Gunung Raung masih dalam batas fluktuasi saja dan kadang-kadang ada material erupsi panas yang dikeluarkan di dasar kawah.

"Itu hanya volume kecil dan hanya di dalam dasar kawah, sehingga tidak sampai ke permukiman warga yang berada di lereng Gunung Raung," tuturnya.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung pada periode 24 Juli 2020 pukul 12.00-18.00 WIB terpantau gunung diselimuti kabut dan asap sehingga kawah tidak teramati.

Kemudian gempa letusan sebanyak enam kali dengan amplitudo 5-8 mm dengan durasi 52-78 detik dan jumlah tremor non-harmonik sebanyak 73 kali dengan amplitudo 1-8 mm.

"Status Gunung Raung masih waspada, sehingga kami imbau masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah/puncak," katanya.

Gunung Raung yang secara administrasi berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi statusnya meningkat dari normal (tingkat I) ke waspada (tingkat II) pada 17 Juli 2020 sejak pukul 14.00 WIB.

Gunung Raung merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di Jawa Timur dan gunung api itu merupakan gunung api strato berkaldera, dengan kawah utama Kaldera Raung. [Antara]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS