Kominfo Sambut Inisiatif Google for Media di Indonesia

Liberty Jemadu
Kominfo Sambut Inisiatif Google for Media di Indonesia
Google Indonesia sebagai ilustrasi [Suara.com/Tivan Rahmat].

Google for media mendukung industri media di Indonesia dengan mengoptimalkan pendapatan iklan.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik inisiatif dari Google untuk industri media Tanah Air, Google for Media yang digelar Selasa (28/7/2020).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, berharap program tersebut akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan media berbasis digital di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia berharap peran media dapat turut memperkokoh demokrasi yang sehat dengan masyarakat yang cerdas dan terdidik, dan mengingatkan bahwa kemajuan ekonomi digital tidak terlepas dari industri media yang sedang mengalami tantangan yang berat," ujar Semuel, dalam konferensi virtual.

"Pemerintah Indonesia berharap di saat yang sama kita dapat mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital yang dapat menolong semua penerbit yang hadir hari ini, baik yang besar maupun yang kecil, baik di kota-kota besar maupun kota-kota kecil," dia melanjutkan.

Lebih lanjut, Semuel mengatakan Indonesia saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital dengan fokus utama pada penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Selain itu, pengembangan sumber daya manusia juga menjadi prioritas utama bagi pemerintah saat ini. Oleh sebab itu, Kementerian Kominfo menyambut baik inisiatif Google for Media yang dinilai telah melakukan terobosan yang dapat mempercepat proses transformasi digital di Indonesia.

"Peluncuran Google for Media hari ini merupakan contoh sinergi yang baik di mana sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini," kata Semuel.

"Saya meyakini bahwa kolaborasi antara lembaga-lembaga negara, dunia usaha, para wartawan dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dari akselerasi transformasi digital di Indonesia," dia menambahkan.

Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, menjelaskan bahwa Google mendukung industri media dalam tiga cara.

Pertama, Google berusaha untuk mengembangkan model bisnis untuk mendorong pertumbuhan yang berlanjut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS