Segera Debut, Ada Robot Gundam Setinggi 18 Meter

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Segera Debut, Ada Robot Gundam Setinggi 18 Meter
Ilustrasi karakter robot Gundam. [Shutterstock]

Para insinyur membangun robot Gundam populer di Gundam Factory Yokohama, Jepang.

Suara.com - Sejak awal Januari, para insinyur membangun robot Gundam populer di Gundam Factory Yokohama, Jepang. Meskipun pengerjaannya harus terhambat karena pandemi virus Corona (Covid-19), para insinyur tetap mempertahankan robot raksasa setinggi 18 meter itu.

Video perkembangan robot tersebut diunggah oleh Michael Overstreet melalui akun YouTube. Para pekerja terlihat menyentuh robot di crane, saat gundam menggerakkan kaki dan memutar tubuhnya yang besar. Satu-satunya yang belum lengkap saat ini adalah bagian kepalanya.

Robot tersebut diprediksi akan debut pada Oktober 2020 jika semua rencana berjalan lancar. Gundam Factory Yokohama membuat Gundam tersebut dengan tujuan memberikan tontonan robot berjalan.

Popular Mechanics melaporkan robot seberat 25 ton itu akan menampilkan jari yang diartikulasikan, kebebasan 24 derajat, dan kemampuan untuk menopang bobotnya yang sangat besar. Pengerjaan ini menambah catatan sejarah robotika Jepang yang mengesankan.

Robot Gundam. [YouTube/@Michael Overstreet]
Robot Gundam. [YouTube/@Michael Overstreet]

Menurut Jun Narita, kepala desain, menjelaskan bahwa pertimbangan khusus tentang jenis bahan robot dan motor penggerak telah diperhitungkan. Dilansir dari IFL Science, Rabu (29/7/2020), robot itu saat ini berada di luar Tokyo, tepatnya di Pelabuhan Yokohama.

Gundam Factory Yokohama telah memperbarui situs webnya dengan pemberitahuan bahwa acara pratinjau khusus yang seharusnya dilaksanakan pada bulan ini, telah dibatalkan karena pandemi. Namun berkat internet, penggemar di Jepang maupun luar negeri pun mendapat kesempatan melihat perkembangan Gundam tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS