Jaringan 4G LTE di BTS USO Telkomsel Makin Luas

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Jaringan 4G LTE di BTS USO Telkomsel Makin Luas
Telkomsel telah menggelar 75 unit BTS USO berteknologi 4G LTE di Provinsi Maluku Utara [Telkomsel].

Kemenkominfo RI meninjau pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Pulau Morotai.

Suara.com - Telkomsel memastikan sebanyak 1.083 unit BTS Universal Service Obligation (USO) yang selama ini telah dikembangkan melalui kolaborasi bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo, akan terkoneksi seluruhnya oleh jaringan broadband 4G LTE pada kuartal tiga 2020.

Kabar ini disampaikan Telkomsel ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) meninjau pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), di wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Rabu (29/7/2020).

"Telkomsel bertekad untuk selalu hadir dalam setiap fase kehidupan masyarakat, dengan menggelar akses jaringan broadband yang merata dan setara mulai dari perkotaan hingga wilayah pelosok Tanah Air," ungkap Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam siaran persnya, Kamis (30/7/2020).

Dengan demikian, saat ini Telkomsel telah menggelar 1.083 unit BTS USO, dan 993 unit di antaranya telah berteknologi 4G LTE yang tersebar secara merata untuk melayani kebutuhan akses jaringan broadband dari populasi masyarakat di wilayah 3T.

Sedangkan 93 unit BTS USO lainnya yang sebelumnya terkoneksi 2G, secara bertahap telah dilakukan proses pengembangan teknologi dan seluruhnya segera terkoneksi jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal tiga tahun ini.

Khusus untuk wilayah Kabupaten Pulau Morotai yang ditinjau langsung oleh Kementerian Kominfo RI, Telkomsel sendiri telah mengoperasikan tiga unit BTS Merah Putih dan 29 unit BTS USO yang semuanya telah terkoneksi jaringan broadband 4G LTE.

Jika dikalkulasikan, Telkomsel telah menggelar 75 unit BTS USO berteknologi 4G LTE di Provinsi Maluku Utara.

Pengembangan keseluruhan infrastruktur BTS USO berteknologi broadband terdepan ini juga melengkapi lebih dari 20.000 BTS Telkomsel lainnya yang difokuskan untuk beroperasi melayani kebutuhan akses telekomunikasi masyarakat di wilayah 3T hingga perbatasan negara.

Selanjutnya, Telkomsel menargetkan penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE baru hingga akhir tahun, yang sebagian besar cakupannya diprioritaskan menjangkau wilayah residensial dan padat populasi.

"Hal ini merupakan bentuk nyata kami mendukung adaptasi kebiasaan baru masyarakat, baik di perkotaan maupun di wilayah 3T, yang kini semakin mengadopsi pemanfaatan layanan digital sebagai penunjang aktivitas keseharian seperti bekerja, belajar dan beribadah dari rumah,” tutup Hendri Mulya Syam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS