Cara Mengetahui iPhone dengan iOS 14 Anda Sedang Dimata-Matai

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Cara Mengetahui iPhone dengan iOS 14 Anda Sedang Dimata-Matai
Seseorang mencoba kemampuan kamera iPhone X. [AFP]

Fitur keamanan iOS 14 telah ditingkatkan.

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Apple telah menggulirkan sistem operasi iOS 14 untuk sejumlah iPhone keluaran terbaru. Dibandingkan sistem operasi pendahulunya, fitur keamanan iOS 14 telah ditingkatkan. Salah satunya, transparansi akses aplikasi agar privasi pengguna iPhone benar-benar terjaga.

Pasalnya, fitur ini akan memberikan notifikasi kepada pengguna iPhone tentang kapan dan bagaimana mereka 'dimata-matai' aplikasi yang bisa melanggar privasi mereka.

Ketika fitur ini bekerja, akan ada titik oranye atau hijau kecil di pojok saat aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera. Jika titik muncul, aplikasi tersebut berarti telah mengakses salah satu fungsi iPhone, yang bisa saja dipakai untuk pengintaian.

Rincinya, titik berwarna oranye menunjukkan mikrofon, sedangkan lampu hijau menunjukkan bahwa kamera sedang diakses.

Baca Juga: Erajaya Pastikan Bawa iPhone Murah SE 2020 di Indonesia pada 2 Oktober

iOS 14. [Apple]
iOS 14. [Apple]

Jika salah satu, atau kedua tanda tersebut muncul, pengguna iPhone tinggal menggeser ke arah untuk membuka pusat kendali. Di sini, pengguna akan menemukan aplikasi mana yang sedang mengakses mikrofon atau kamera iPhone.

Jika pengguna tidak mengizinkan aplikasi untuk mengakses perangkat, mereka bisa mengatasinya dengan memilih menu pengaturan, lihat daftar aplikasi yang sedang berjalan, lalu matikan ikon sakelar pada aplikasi yang tidak dihendaki mengakses iPhone.

Dikutip dari Independent, Selasa (22/9/2020), fitur tersebut merupakan bagian dari transformasi Apple untuk lebih transparan lagi kepada pengguna iPhone yang sudah mendukung iOS 14 tentang pemakaian data, aplikasi, dan lain-lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS