Vaksin Flu Tidak Meningkatkan Risiko COVID-19

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Vaksin Flu Tidak Meningkatkan Risiko COVID-19
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Virus flu akan berbaur dengan virus Corona jenis baru, namun waspadai kondisi ini sebelum terjadi hoaks.

Suara.com - Pengujung tahun berarti musim dingin bagi negara subtropis di seluruh dunia. Siklus virus flu yang biasa menular pada musim dingin pun akan berbaur dengan virus Corona jenis baru yang saat ini menjadi pandemi global COVID-19.

Oleh karena itu, pemerintah Inggris telah mengungkapkan rencana untuk menyediakan vaksin flu untuk 30 juta orang untuk mengantisipasi flu dengan menyiapkan jutaan vaksin flu.

Namun, sebagian kelompok antivaksin berasumsi bahwa vaksin flu bisa meningkatkan risiko untuk terkena COVID-19.

Sebelum spekulasi ini berubah menjadi hoaks, para peneliti dari Cleveland Clinic menegaskan bahwa pemberian vaksin flu tidak akan meningkatkan risiko manusia tertular COVID-19 di musim dingin.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Johnson & Johnson Masuk Uji Coba Fase 3

Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi vaksin flu [Shutterstock].

Dalam studi itu, tim menganalisis lebih dari 13.000 pasien yang menjalani tes virus Corona jenis baru selama periode Maret hingga April tahun ini.

Analisis mereka mengungkapkan bahwa 4.138 pasien telah divaksinasi influenza tahun lalu, sedangkan 9.082 lainnya menyatakan belum melakukan vaksinasi.

Hasilnya, para peneliti mendapati bahwa orang-orang yang telah menerima vaksin flu memiliki risiko lebih kecil tertular COVID-19 daripada mereka yang tidak.

"Temuan kami menyarankan bahwa kami harus melanjutkan vaksinasi seperti biasa untuk influenza global pada musim flu tahun ini," terang Dr Joe Zein, pemimpin studi, seperti dikutip dari The Mirror, pada Kamis (24/9/2020).

"Mendapatkan vaksin flu tahunan tetap menjadi perlindungan terbaik terhadap virus influenza, baik untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita," imbuhnya.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Cuma Bertahan 6 Bulan, Menteri Erick Ingatkan Ini ke Warga

Para peneliti berharap temuan mereka akan mendorong orang untuk menerima vaksin flu agar tetap sehat di musim gugur dan musim dingin ini.

"Kami telah melihat tekanan akibat COVID-19 di banyak rumah sakit. Meskipun kami belum yakin bagaimana musim flu akan mempengaruhi kerentanan dan infeksi COVID-19, kami sangat menyarankan orang untuk mendapatkan vaksin influenza, baik untuk kesehatan individu dan kesehatan kolektif sistem imun tubuh," tutup Dr. Zein.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS