Awas! Begini Cara Cegah Kehilangan Smartphone Anda

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Awas! Begini Cara Cegah Kehilangan Smartphone Anda
Ilustrasi pencurian ponsel. [shutterstock]

Mencegah ponsel hilang atau yang terburuk dicuri seseorang, pengguna dapat melakukan beberapa antisipasi.

Suara.com - Kehilangan smartphone dapat menimbulkan masalah dalam banyak hal, dan terpenting adalah data-data dan informasi yang tersimpan di dalam ponsel, seperti sandi, foto, dan informasi perbankan yang dapat diperoleh seseorang.

Mencegah ponsel hilang atau yang terburuk dicuri seseorang, pengguna dapat melakukan beberapa antisipasi. Dilansir dari Android Authority, Jumat (25/9/2020), berikut tiga hal yang harus dilakukan untuk mencegah hilangnya ponsel:

1. Gunakan sandi yang kuat

Pertama, pengguna harus mengatur PIN atau kata sandi yang kuat. Jangan menggunakan angka atau susunan huruf yang mudah ditebak.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan IMEI Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri

Ilustrasi password. [Shutterstock]
Ilustrasi password. [Shutterstock]

Jika seseorang menemukan atau mengambil ponsel, hal pertama yang akan dilakukan adalah mencoba membukanya dengan kode sederhana dan itu dapat menyebabkan banyak masalah.

Untuk mengaktifkan PIN atau kata sandi di Android, buka Settings > Security > pilih opsi Screen Lock di bawah bagian Device Security > pilih gaya kunci layar yang diinginkan pengguna > masukkan kode sandi baru atu pola buka kunci.

Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengaktifkan kode sandi dengan membuka Settings > pilih Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode, tergantung perangkat > lalu aktifkan Passcode > masukkan kode sandi baru.

Jika ponsel memiliki pemindai sidik jari atau pengenalan wajah, pastikan untuk mengaktifkannya karena fitur itu menambahkan lapisan keamanan yang sulit dibobol oleh pencuri.

2. Aktifkan Find My Device atau Find My iPhone

Baca Juga: Cara Mengubah dan Mengatur Ulang Kata Sandi Instagram

Anda harus mengaktifkan Find My Device atau Find My iPhone di pengaturan, sehingga dapat memastikan bahwa pengguna benar-benar menemukan, menonaktifkan dari jarak jauh, dan menghapus ponsel yang hilang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS