Peluncuran Misi SpaceX Crew-1 NASA Ditunda

Dythia Novianty
Peluncuran Misi SpaceX Crew-1 NASA Ditunda
SpaceX Crew-1. [Twitter]

NASA telah menunda peluncuran misi SpaceX Crew-1.

Suara.com - NASA telah menunda peluncuran misi SpaceX Crew-1 hingga awal atau pertengahan November mendatang.

Nantinya, misi tersebut akan membawa tiga astronot NASA dan seorang astronot dari badan antariksa JAXA Jepang, ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Awalnya dijadwalkan pada 31 Oktober, misi enam bulan yang direncanakan ini ditunda untuk memberikan waktu menyelesaikan masalah dengan generator gas mesin tahap pertama pada roket Falcon 9," kata NASA dalam sebuah pernyataan dilansir laman The Verge, Selasa (13/10/2020).

Ketika diluncurkan, astronot Amerika Michael Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker, ditambah astronot Jepang Soichi Noguchi, akan berada di atas misi awak operasional pertama SpaceX ke ISS.

Baca Juga: Misi ke Bulan 2024, NASA Menguji Pakaian Artemis di Bawah Air

Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]
Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

Crew-1 adalah salah satu dari enam misi yang direncanakan SpaceX untuk dikirim ke ISS berdasarkan kontrak dengan NASA, diberikan pada 2014 sebagai bagian dari Program Kru Komersial yang membawa perusahaan sektor swasta ke dalam program luar angkasa AS.

Penerbangan Crew Dragon pertama SpaceX, DM-2 atau Demo-2 adalah misi uji coba yang membawa astronot NASA Doug Hurley dan Bob Behnken ke ISS pada Mei lalu untuk kunjungan dua bulan.

SpaceX Crew-1. [Twitter]
SpaceX Crew-1. [Twitter]

Crew Dragon berlabuh dengan ISS dan kembali dengan selamat ke Bumi pada 2 Agustus lalu. Hal ini memberikan NASA data yang dibutuhkan untuk mensertifikasi perjalanan reguler ke dan dari ISS dengan astronot di masa depan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS