alexametrics

Perseverance Sudah Setengah Perjalanan Menuju Planet Merah

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Perseverance Sudah Setengah Perjalanan Menuju Planet Merah
Perseverance di planet Mars. [NASA]

Kini robot penjelajah tersebut telah menempuh setengah perjalanan menuju Planet Merah.

Suara.com - NASA telah meluncurkan penjelajah Mars baru yang disebut Perseverance di Florida pada 30 Juli lalu, sebagai bagian dari misi Mars 2020. Kini robot penjelajah tersebut telah menempuh setengah perjalanan menuju Planet Merah.

Perseverance telah terbang sejauh 235 juta kilometer di luar angkasa, setengah dari total yang dibutuhkan untuk mencapai Mars. Pengukuran ini diumumkan oleh anggota tim misi pada Selasa (27/10/2020).

"Ini merupakan pencapaian yang cukup baik. Pemberhentian selanjutnya adalah Kawah Jezero," kata Julie Kangas, navigator misi di Jet propulsion Laboratory (JPL) NASA, seperti dikutip Space.com, Kamis (29/10/2020).

Perseverance dijadwalkan akan mendarat di dalam Kawah Jezero pada 18 Februari 2021. Kawah selebar 45 kilometer itu, diyakini menampung sebuah danau dan delta sungai miliaran tahun yang lalu, menjadikan wilayah tersebut tujuan yang ideal untuk Perseverance memburu sampel kehidupan.

Baca Juga: Catat! Ini Tanggal NASA - SpaceX Luncurkan Misi Rotasi Awak Pertama di ISS

Perjalanan Perseverance di Mars. [NASA]
Perjalanan Perseverance di Mars. [NASA]

Penjelajah seukuran mobil ini akan mengkarakterisasi geologi dan iklim daerah itu secara rinci dan mencari kemungkinan tanda-tanda kehidupan.

Perseverance juga akan mengumpulkan dan menyimpan beberapa lusin sampel dari medan Mars untuk dibawa kembali ke Bumi di masa mendatang. Kampanye pengembalian sampel adalah upaya bersama antara NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan diprediksi sampel akan mencapai Bumi pada awal 2031.

Selain itu, Perseverance membawa helikopter kecil bernama Ingenuity, sebuah pesawat eksperimental yang dirancang untuk membantu membuka jalan bagi eksplorasi helikopter Mars di masa depan.

Perseverance berhasil mencapai titik tengah dalam perjalanan antarplanet tersebut pada sekitar pukul 03.40 WIB. Tapi Perseverance mengambil rute melengkung ke Mars sehingga robot penjelajah itu tidak berada di tengah-tengah antara dua planet.

"Dalam jarak garis lurus, Bumi berada 42,7 juta km di belakang Perseverance dan Mars berada 28,8 juta km di depannya," tambah Kangas.

Baca Juga: NASA Yakin Ada Kandungan Air di Bulan, Tanda Kehidupan?

Selama dua minggu terakhir, anggota tim misi telah melakukan pemeriksaan empat instrumen penjelajah dan melaporkan bahwa semuanya bekerja dengan baik. Untuk terus dapat mengamati perjalanan Perseverance, NASA telah membuat situs khusus bagi siapa pun yang ingin melacak Perseverance di luar angkasa.

Komentar