alexametrics

5 Fenomena Langit Desember 2020 Ini Bisa Diamati

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Fenomena Langit Desember 2020 Ini Bisa Diamati
Ilustrasi fenomena langit. [Shutterstock]

Setiap bulan akan selalu ada fenomena langit yang pernah terjadi.

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada fenomena langit yang pernah terjadi, Desember 2020 pun tidak kalah dengan peristiwa menarik lainnya. Dilansir dari In The Sky, berikut ini lima peristiwa langit yang akan terjadi pada Desember 2020:

1. Konjungsi Bulan dengan Venus

Bulan akan melakukan pendekatan dengan Venus pada 13 Desember mendatang. Keduanya akan terpisah pada jarak 1 derajat satu sama lain dan Venus akan muncul sebagai "bintang fajar" sebelum Matahari terbit.

Dua objek langit ini akan terlihat pada pukul 03:51 WIB dan mencapai ketinggian 19 derajat di atas ufuk timur sebelum menghilang dari pandangan saat fajar datang pada pukul 05:17 WIB.

Baca Juga: Wow! Ada 7 Planet yang Akan Terlihat di Langit Malam Minggu Ini

2. Pendekatan Bulan, Jupiter, dan Saturnus

Dua planet raksasa dan satelit Bumi akan kembali mengalami pendekatan pada 17 Desember. Bulan akan berada pada jarak 2 derajat dari Jupiter dan 3 derajat dari Saturnus.

Konjungsi Bulan dan Jupiter Desember 2020. [In the Sky]
Konjungsi Bulan dan Jupiter Desember 2020. [In the Sky]

Ketiganya akan terlihat sekitar pukul 18:17 WIB dengan ketinggian 29 derajat di atas ufuk barat dan akan tenggelam ke arah cakrawala pada pukul 20:28 WIB. Bagi pengamat yang ingin melihat bintik merah raksasa Jupiter dan cincin Saturnus, disarankan untuk menggunakan bantuan teleskop.

3. Konjungsi super Jupiter dan Saturnus

Jupiter dan Saturnus akan melakukan pendekatan yang sangat dekat dengan jarak hanya 0 (nol) derajat 06' pada 21 Desember. Dengan kata lain, kedua planet raksasa ini hanya akan terpisah sejauh 6 menit busur satu sama lain dan akan tampak seperti satu bintang tunggal yang bercahaya terang.

Baca Juga: Ada Gerhana Bulan Penumbra, Ini 5 Fenomena Langit November 2020 Menarik

Fenomena yang cukup langka ini akan terlihat sekitar pukul 18:20 WIB di atas ufuk barat dan tenggelam menuju cakrawala pada pukul 20:14 WIB.

Komentar