alexametrics

Samsung Bakal Luncurkan 3 Ponsel Lipat pada 2021, Ini Bocorannya

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Samsung Bakal Luncurkan 3 Ponsel Lipat pada 2021, Ini Bocorannya
Samsung Galaxy Fold. [AFP/Tobias Schwarz]

Samsung dikabarkan segera meluncurkan tiga jenis model ponsel lipat pada tahun depan.

Suara.com - Samsung dikabarkan segera meluncurkan tiga jenis model ponsel lipat pada tahun depan. Ponsel tersebut diyakini sebagai Galaxy Z Flip 2, Galaxy Z Fold 3, dan Galaxy Z Fold Lite baru.

Diwartakan The Elec, Sabtu (5/12/2020), laporan dari firma riset OLED, UBI Research mengatakan, perusahaan lewat Samsung Display tengah mengembangan tiga jenis panel OLED yang dapat dilipat.

"Tiga ponsel tersebut akan menggunakan kaca ultra tipis sebagai pelindung layar dalamnya," jelas UBI Research, dikutip dari The Elec.

Teruntuk Galaxy Z Flip 2, ponsel akan memiliki layar internal 6,7 inci dan layar eksternal 3 inci. Ukuran layar internal ini sama dengan seri Galaxy Z Flip pertama yang diluncurkan pada awal tahun. Namun ukuran layar eksternal telah meningkat 1,1 inci dari Flip asli.

Baca Juga: Bocoran Anyar, Samsung Galaxy Z Fold 3 Diklaim Lebih Tipis

Samsung Galaxy Z Flip hadir di Indonesia, Kamis (20/2/2020). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
Samsung Galaxy Z Flip hadir di Indonesia, Kamis (20/2/2020). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

"Tampilan hole-display juga tidak berubah, masih sama seperti seri sebelumnya," jelas UBI Research.

Kemudian untuk Galaxy Z Fold 3 akan memiliki layar internal 7 inci dan layar eksternal 4 inci. Layar eksternal lebih kecil dibanding Galaxy Z Fold 2 yang memiliki ukuran 6,2 inci.

Meski begitu, Galaxy Z Fold 3 akan memiliki kamera panel bawah dan menawarkan dukungan stylus pen. Layar tersebut juga akan memiiki thin-film transitors (TFT) low-temperature polucrystalline oxide (LPTO) untuk efisiensi daya di layar menjadi lebih baik.

Sedangkan untuk Galaxy Z Fold Lite baru memiliki layar internal 7 inci dan eksternal 4 inci. Ponsel ini akan menjadi model rendah dari Galaxy Z Fold 3.

Untuk mengaplikasikan stylus pen pada Galaxy Z Fold 3, Samsung Display sedang meneliti desain layar kaca ultra tipis dengan ketebalan 60 atau 100 mikrometer. Layar ini lebih tebal dibanding seri yang sudah diluncurkan untuk ponsel lipat tahun ini, yang memiliki ketebalan 30 mikrometer.

Baca Juga: Bakal Ditunda: Peluncuran Samsung Galaxy Z Flip 2

Layar 30 mikrometer ini memungkinkan kaca menjadi lebih fleksibel, namun tidak dapat menahan tekanan dari pena sehingga bakal meninggalkan bekas. Sedangkan layar kaca 60 mikrometer ini mampu menahan tekanan pena tetapi kurang fleksibel.

Komentar