facebook

Canggih! Google Pixel Punya Fitur Baru, Baca Detak Jantung Lewat Kamera

Dythia Novianty
Canggih! Google Pixel Punya Fitur Baru, Baca Detak Jantung Lewat Kamera
Google Pixel 5. [GSM Arena]

Google menambahkan monitor detak jantung dan pernapasan ke aplikasi Fit di ponsel Pixel bulan ini.

Suara.com - Google menambahkan monitor detak jantung dan pernapasan ke aplikasi Fit di ponsel Pixel bulan ini. Rencananya, fitur ini akan ditambahkan ke ponsel Android lain di masa mendatang.

Kedua fitur tersebut bergantung pada kamera ponsel cerdas, di mana fitur ini mengukur laju pernapasan dengan memantau naik turunnya dada pengguna dan detak jantung dengan melacak perubahan warna saat darah bergerak melalui ujung jari.

Menurut keterangan perusahaan, fitur-fitur tersebut hanya dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna melacak kesehatan secara keseluruhan dan tidak dapat mengevaluasi atau mendiagnosis kondisi medis.

Untuk mengukur laju pernapasan (jumlah napas seseorang per menit) menggunakan aplikasi, pengguna mengarahkan kamera depan ponsel ke kepala dan dada mereka. Untuk mengukur detak jantung, cukup meletakkan jari mereka di atas kamera yang menghadap ke belakang.

Baca Juga: Selamat Tinggal! Google Hapus Fitur Ini di Kamera Pixel 4a dan Pixel 5

Ilustrasi detak jantung. [Jan Alexander/Pixabay]
Ilustrasi detak jantung. [Jan Alexander/Pixabay]

"Seorang dokter menghitung laju pernapasan pasien dengan mengamati dada mereka naik dan turun, dan fitur Google meniru prosedur itu," kata Jack Po, manajer produk di Google Health, dalam konferensi pers, dilansir laman The Verge, Senin (8/2/2021).

Monitor detak jantung Google mirip dengan fitur yang disertakan Samsung pada sejumlah smartphone Galaxy model lama, termasuk Galaxy S10.

Perusahaan menghapus fitur untuk S10E, S20, dan telepon yang lebih baru.

Data detak jantung dari aplikasi Google akan kurang komprehensif dibandingkan dengan jenis bacaan yang didapat seseorang dari perangkat yang dapat dikenakan, yang dapat terus memantau sesuatu seperti detak jantung saat seseorang menjalani kehidupan sehari-hari.

Menurut Po, pengukuran jantung atau laju pernapasan seseorang adalah penting, dokter misalnya, biasanya hanya mendapatkan pengukuran paling banyak setiap beberapa bulan saat seseorang datang ke kantor.

Baca Juga: Bocor! Google Pixel 6 Akan Gunakan Kamera Selfie di Bawah Layar

"Jika pengguna mengukur detak jantung mereka seminggu sekali, mereka akan mendapatkan banyak manfaat," kata Po.
Menurutnya, mereka akan mendapatkan banyak manfaat dalam melacak apakah detak jantung mereka mungkin meningkat, jika olahraga berhasil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar