alexametrics

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Rifan Aditya
Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi cemas di depan laptop, laptop lemot, penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya

Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya.

Suara.com - Ketika sedang ditengah-tengah sprint kejar deadline tiba-tiba laptop lemot? Kalian pasti pernah mengalami hal seperti itu. Kira-kira apa penyebab laptop lemot?

Kalau Anda mengalami kondisi ini, perasaan jengkel dan kesal  sudah pasti muncul dan akan menghambat laju produktifitas Anda. Nah, karena itu, kita perlu mencari tahu penyebab laptop lemot lebih dulu baru kemudian mencari tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya.

1. Terlalu Banyak Instal Aplikasi

Ketika Anda menginstal beberapa aplikasi tambahan di samping aplikasi bawaan, kuota aplikasi itu akan makan tempat di sistem RAM Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar tidak menginstal terlalu banyak aplikasi.Installah yang penting-penting saja dan berhubungan dengan bisnis atau bidang kerja Anda.

Baca Juga: Download Instagram untuk Laptop, Notifikasi Auto Mudah

Jika Anda sudah terlalu banyak menginstal aplikasi dan sekarang laptop jadi lemot, segeralah uninstal aplikasi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sisakan aplikasi yang benar-benar mendukung dunia kerja Anda sehingga produktifitas Anda pun meningkat. Dengan menguninstal beberapa aplikasi, beban RAM akan berkurang dan kinerja laptop akan meningkat lebih baik.

2.  Lemot Karena Virus

Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).
Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).

Salah satu penyebab laptop lemot ialah karena virus. Apabila Anda merasa RAM maupun Drive C masih memiliki banyak ruang tersisa tapi penggunaannya terasa lemot, hal ini sudah pasti disebabkan karena virus dan hidden software yang terindikasi sebagai malware.

Virus atau hidden software seperti ini sangat merugikan karena dapat merusak perangkat RAM maupun Drive C. Untuk mengatasinya, Anda harus menginstal antivirus, dan setelah di'sembuhkan' harap gunakan laptop Anda semestinya saja.

Jangan mendownload aplikasi tak dikenal apalagi muncul rekomendasi instal aplikasi dari suatu website yang tidak kredibel.

Baca Juga: Wajib Coba, Begini Cara Install Aplikasi di Laptop

3. Spesifikasi Laptop Tidak Cukup Menampung Kebutuhan Anda

Komentar