alexametrics

Spotify dan Kakao M Trending di Twitter, Kenapa?

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Spotify dan Kakao M Trending di Twitter, Kenapa?
Ilustrasi Spotify. [StockSnap/Pixabay]

Platform streaming musik Spotify dan distributor ribuan lagu K-pop Kakao M masuk ke daftar trending topic.

Suara.com - Platform streaming musik Spotify dan distributor ribuan lagu K-pop Kakao M masuk ke daftar trending Twitter Indonesia hari ini, Senin (1/3/2021).

Dari pantauan suara.com, hingga berita diturunkan Spotify telah di-tweet lebih dari 2,21 juta kali dan masuk trending topic.

Sementara Kakao M telah populer hingga 720 ribu tweet dan masuk ke trending nomor 14 di Indonesia.

Menurut laporan Bandwagon, Spotify telah menghapus ribuan lagu yang didistribusikan oleh Kakao M.

Baca Juga: Spotify Luncurkan Fitur Baru, Tampilkan Rekomendasi Lagu Berdasarkan Mood

Hal ini dikarenakan Spotify tidak lagi bekerja sama dengan Kakao M setelah perjanjian lisensi yang berlaku satu setengah tahun telah berakhir.

Beberapa lagu yang didistribusikan Kakao M termasuk lagu dari IU, MONSTA X, SEVENTEEN, LOONA, MAMAMOO, THE BOYZ, GFRIEND, (G) I-DLE, ASTRO, dan banyak lagi.

Trending topic Spotify. [Twitter]
Trending topic Spotify. [Twitter]

Juru bicara Spotify telah mengkonfirmasi bahwa mulai 1 Maret 2021, katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pendengar Spotify di seluruh dunia.

"Kami telah bekerja sama dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia untuk lebih dari 345 juta pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," jelas Spotify.

"Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan untuk artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia," tambahnya.

Baca Juga: Cuap-cuap Ngaku Banyak Pengalaman Kerja, Warganet Ini Kena Skakmat

Pihak Spotify sendiri berharap gangguan ini bersifat sementara. Mereka berkomitmen untuk kembali bekerja sama dengan Kakao M untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea secara keseluruhan.

Komentar