alexametrics

Pengertian Rotasi Bumi dan 4 Akibat yang Ditimbulkan

Farah Nabilla
Pengertian Rotasi Bumi dan 4 Akibat yang Ditimbulkan
Ilustrasi pengertian rotasi bumi. (Shutterstock).

Apa pengertian rotasi bumi dan 4 akibat yang ditimbulkannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Suara.com - Perputaran Bumi pada porosnya, mungkin itu adalah pengertian rotasi Bumi paling sederhana yang bisa Anda temukan dengan mengakses berbagai sumber.

Fenomena alami ini juga turut menyebabkan berbagai fenomena alam lain yang berkaitan dengan perputaran tersebut. Gerakannya sendiri secara sederhana dapat teridentifikasi dari perputaran Barat ke Timur, dan memiliki durasi setidaknya 23 jam, 56 menit, dan 4 detik. Tidak tepat 24 jam ya?

Pengertian Rotasi Bumi

Secara lebih spesifik, pengertian rotasi Bumi adalah  aktivitas atau kegiatan berputar pada porosnya dan menyebabkan berbagai fenomena alami yang dirasakan penghuni bumi.

Baca Juga: Perbedaan Revolusi dan Rotasi Bumi Lengkap dengan Efek Keduanya

Perputaran ini berjalan begitu cepat, namun makhluk yang ada di Bumi tidak terpental karena Bumi memiliki gravitasi. Rotasi ini sendiri bisa dirasakan dan dilihat, dari kejadian alami yang Anda lihat sehari-hari.

Fenomena Akibat Rotasi Bumi

Tidak sedikit sebenarnya fenomena alami yang terjadi karena rotasi Bumi ini. Namun demikian, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui secara pasti. Tidak ada salahnya Anda membaca bagian berikutnya dari artikel ini.

Berikut beberapa fenomena alami akibat terjadinya rotasi Bumi.

  • Terjadinya siang dan malam. Setiap sisi Bumi yang menghadap ke Matahari, maka akan mengalami siang hari. Sebaliknya, Sisi Bumi yang tidak menghadap Matahari akan mengalami malam hari.
  • Gerakan semu Matahari. Meski nampak timbul dan tenggelam di batas horizon, namun sebenarnya Matahari tidak bergerak. Akibat perputaran yang terjadi pada Bumi, Matahari memiliki gerakan semu saat timbul dan tenggelam.
  • Adanya perbedaan dan zonasi waktu. Ya, karena Bumi berputar dengan kecepatan tertentu, terjadi zonasi waktu yang dibagi di setiap area di dunia. Setidaknya ada 24 area waktu berbeda, dengan selisih titik satu dan titik lain sebesar bujur 15 derajat.
  • Efek Coriolis, merupakan gerak pembelokan arah angin dan arus laut yang menjadi salah satu akibat dari rotasi Bumi.

Meski terdengar sederhana, sebenarnya fenomena alam yang terjadi setiap hari merupakan efek dari rotasi Bumi. Setelah memahami sedikit tentang pengertian rotasi Bumi di atas, semoga Anda menjadi lebih banyak mengetahui kejadian alam dan lebih cermat dalam mengamatinya setiap hari.

Baca Juga: Bersiap, Erick Thohir Bakal Bentuk Holding BUMN Panas Bumi Tahun Ini

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar