alexametrics

Salip Huawei, Oppo Jadi Merek Smartphone Terbesar di China

Iwan Supriyatna | Lintang Siltya Utami
Salip Huawei, Oppo Jadi Merek Smartphone Terbesar di China
Logo Oppo. [Shutterstock]

Oppo menjadi merek smartphone terbesar di China untuk pertama kalinya.

Suara.com - Laporan Counterpoint Research mengungkapkan bahwa Oppo menjadi merek smartphone terbesar di China untuk pertama kalinya, berhasil menyalip Huawei yang tersandung kasus dengan Amerika Serikat.

Oppo memiliki 21 persen pangsa pasar di China pada Januari 2021 dan disusul Vivo sebesar 20 persen. Sementara itu, Huawei merosot ke posisi ketiga, diikuti Apple dan Xiaomi. Ketiga perusahaan tersebut sekarang masing-masing memiliki 16 persen pangsa pasar.

Penurunan Huawei dinilai sangat mencolok. Pada kuartal kedua tahun 2020, Huawei memiliki 46 persen pasar China. Namun, popularitas memudar sejak saat itu hingga turun dari 30 persen pada kuartal keempat tahun 2020.

Sebagai perbandingan, pertumbuhan Oppo di pasar lokal China sangat kuat. Pangsa pasarnya pada Januari meningkat 33 persen dibandingkan dengan Desember dan 26 persen jika dibandingkan dengan Januari 2020.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Assistant Tanpa Membuka Kunci Ponsel

Dilansir dari Android Authority pada Sabtu (6/3/2021), model 5G perusahaan juga dilacak secara terpisah karena Counterpoint menandainya sebagai pendorong utama pertumbuhan.

Salah satu kesuksesan Oppo juga tampaknya dilakukan dengan mengadopsi strategi mirip Huawei. Perusahaan sekarang bermain di segmen mid-ranger premium yang saat ini dikosongkan oleh pesaingnya.

Tak hanya itu, Oppo juga menawarkan model chipset yang cepat, kecerdasan 5G, dan masa pakai baterai yang lama.

Dengan masalah kekurangan chipnya, Huawei tidak dapat lagi bersaing dengan para pemain baru di semua lini. Perusahaan menaruh harapan pada produk kelas atas secara eksklusif, seperti Huawei Mate X2 yang dapat dilipat dan seri P50 yang akan datang.

Baca Juga: 30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar

Komentar