alexametrics

Analis Prediksi Tren Teknologi 3 Tahun Mendatang

Dythia Novianty
Analis Prediksi Tren Teknologi 3 Tahun Mendatang
Ilustrasi teknologi. [Pete Linforth/Pixabay]

Teknologi telah selamanya mengubah ekspektasi dan kebiasaan, dan menghadirkan kenyataan baru di setiap sektor industri.

Suara.com - Teknologi telah selamanya mengubah ekspektasi dan kebiasaan, dan menghadirkan kenyataan baru di setiap sektor industri, didorong dengan pandemi global yang terjadi.

Country Managing Director, Accenture in Indonesia, Kher Tean Chen, melihat banyak perusahaan termasuk di Indonesia memutuskan menggunakan teknologi dengan cara-cara yang luar biasa, dengan kecepatan yang tadinya mereka anggap tidak mungkin, agar bisnis dan komunitasnya tetap berjalan.

"Sementara yang lainnya menghadapi kenyataan akan kegagalan mereka dan kekurangan fondasi digital yang dibutuhkan untuk berubah secara cepat,” ungkapnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu, Retno Kusumawati - Managing Director of Technology, Accenture in Indonesia, mengatakan perusahaan perlu memikirkan kembali bagaimana aplikasi dikembangkan dan diterapkan, serta bersaing pada arsitektur teknologi agar lebih gesit dan fleksibel.

Baca Juga: Ini 3 Kawasan Pertama di Indonesia yang Akan Punya Teknologi 5G

"Faktanya, hampir semua eksekutif (95 persen) di Indonesia menyatakan bahwa arsitektur teknologinya menjadi sangat penting demi kesuksesan perusahaan mereka secara keseluruhan,” jelasnya.

Accenture Indonesia melakukan survei ke lebih dari 6.200 pemimpin bisnis dan teknologi untuk laporan Technology Vision.

Tren teknologi. [Screenshot]
Tren teknologi. [Screenshot]

Sebanyak 92 persen mengungkapkan bahwa perusahaan mereka berinovasi karena dorongan dan keharusan bertindak tahun ini. Sedangkan 91 persen eksekutif setuju bahwa menguasai pangsa pasar di masa depan, berarti perusahaan mereka harus menetapkan pasar itu sendiri.

Technology Vision mengidentifikasikan lima tren kunci yang harus dijawab oleh perusahaan selama tiga tahun ke depan, dalam mempercepat dan menguasai perubahan di semua bagian bisnisnya:

1. Menyusun Secara Strategis: Mendesain Masa Depan Lebih Baik

Baca Juga: Stereotip Gender Tak Lagi Jadi Kendala dalam Sains dan Teknologi

Era baru kompetisi industri telah dimulai. Namun, membangun dan menggunakan susunan teknologi yang paling kompetitif, berarti berpikir berbeda tentang teknologi, sehingga strategi bisnis dan teknologi menjadi tidak bisa dibedakan.

Komentar