alexametrics

Apa Itu Triple Konjungsi?

Rifan Aditya
Apa Itu Triple Konjungsi?
Ilustrasi apa itu triple konjungsi, triple konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus (Freedigitalphotos/Photokanok)

Fenomena triple konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus telah menghiasi langit Indonesia pada 6-8 April 2021. Lalu apa itu triple konjungsi?

Suara.com - Fenomena triple konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus telah menghiasi langit Indonesia sejak kemarin, hari Selasa (06/04/2021) dan masih akan berlangsung sampai hari Kamsi besok (08/04/2020). Lalu apa itu triple konjungsi?

Berdasar keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena langit ini dapat diamati melalui arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricornus dan bisa diamati sejak pukul 03.00 WIB waktu setempat atau sekitar 42 menit setelah Matahari terbenam (fajar bahari) berakhir.

Untuk menikmati fenomena triple konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus ini ada syaratnya. Triple konjungsi hanya dapat dilihat jika cuaca cerah dengan langit malam yang cukup gelap, terbebas dari polusi cahaya.

Pihak peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa Lapan menerangkan bahwa magnitude ketiga benda langit ini cukup bervariasi.

Baca Juga: Siklon Tropis Seroja Mengamuk, Waspadai Munculnya Siklon Lain di April

Kemarin, saat fenomena ini dimulai ketika planet Jupiter berkonjungsi dengan bulan, tampak magnitudo berkisar pada -2,08 hingga -2.09. Sedangkan planet Saturnus tetap berada di angka +0,74.

Bulan berfase sabit akhir ketika konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4% hingga 15,8%.

Konjungsi planet sendiri merupakan suatu fenomena di mana planet berada dalam posisi yang berdekatan atau berpapasan. Sehingga dapat diartikan bahwa konjungsi planet adalah keadaan di mana Bumi dan planet lain berada dalam satu garis lurus.

Berikut, catatan Lapan terhadap penampakan triple konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus yang akan berlangsung dari hari Selasa (06/04/2021) sampai hari Kamis (08/04/2021).

  • Selasa, 6 April 2021

Pada hari Selasa kemarin, mula-mula Saturnus diapit oleh Jupiter dan bulan di bagian Timur-Tenggara tepatnya titik 12,42 derajat – 8,03 derajat.

Baca Juga: 2 Fenomena Antariksa April 2021, Konjungsi Bulan Terjadi Besok

  • Rabu, 7 April 2021

Hari ini, triple konjungsi bermula ketika gentian Bulan yang diapit oleh Saturnus dan Jupiter.

Komentar