alexametrics

Ilmuwan Temukan Lokasi Pendaratan Potensial Manusia di Mars

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilmuwan Temukan Lokasi Pendaratan Potensial Manusia di Mars
Arcadia Planitia. [NASA]

Para ilmuwan tampaknya menemukan lokasi pendaratan potensial manusia di Mars.

Suara.com - Para ilmuwan tampaknya menemukan lokasi pendaratan potensial manusia di Mars, berupa wilayah gletser yang tertutup puing.

Fitur berliku-liku aneh di dataran datar yang dikenal sebagai Arcadia Planitia ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan aliran es di dalam lapisan es di Antartika.

Jika gletser tersebut benar-benar ada, lokasi itu bisa menjadi target misi awak di masa depan.

Area ini sudah menarik minat SpaceX dan NASA karena merupakan dataran datar yang luar, tempat ideal untuk pendaratan luar angkasa.

Baca Juga: Misterius! Ilmuwan Temukan Tempat Pemujaan Ternak, Berusia 7.000 Tahun

Jika ada es yang tersimpan tidak terlalu dalam di bawah permukaan lokasi tersebut, astronot juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan sumber air dengan mudah.

"Fitur seperti aliran yang baru ditemukan itu aneh karena terjadi di medan yang datar," kata Shannon Hibbard, pemimpin studi dari University of Western Ontario, Kanada, dikutip dari Live Science, Selasa (4/5/2021).

Arcadia Planitia. [NASA]
Arcadia Planitia. [NASA]

Arcadia Planitia berada di dataran rendah utara Mars. Dalam tiga miliar tahun terakhir, aliran lava aktif merambat di wilayah ini, sehingga kawah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lain di Planet Merah.

Data yang dikumpulkan dari orbit selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa tanah di wilayah tersebut kaya akan hidrogen.

Mengingat air terbuat dari molekul hidrogen dan oksigen, hidrogen ini menunjukkan keberadaan es air tepat di bawah permukaan.

Baca Juga: Penuh Kerangka Manusia, Makam Kuno Berusia 3 Ribu Tahun Ditemukan

Para ahli juga melihat fitur yang memiliki bentuk seperti aliran gletser yang tertutup lapisan batuan tipis di Arcadia Planitia.

Komentar