alexametrics

Sketsa "Head of Bear" Leonardo da Vinci Akan Dilelang Rp227 Miliar

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Sketsa "Head of Bear" Leonardo da Vinci Akan Dilelang Rp227 Miliar
Patung lilin Leonardo Da Vinci di museum Madame Tussauds di Istanbul, Turki [Shutterstock]

Karya yang menggambarkan kepiawaian Leonardo da Vinci dengan teknik silverpoint: pensilnya adalah kawat perak.

Suara.com - Sketsa Head of Bear oleh Leonardo da Vinci akan dilelang dengan harga hingga 16 juta dolar AS atau sekitar Rp 227 miliar pada acara lelang yang diselenggarakan Balai Lelang Christie.

Sketsa yang menampilkan kepala beruang tersebut berukuran 7 cm kali 7 cm dan digambar di atas kertas dengan perpaduan warna merah muda-krem pucat.

Dilansir dari Live Science pada Kamis (13/5/2021), menurut Rumah Lelang Christie, acara lelang akan dilaksanakan pada 8 Juli.

Sketsa tersebut adalah satu dari delapan gambar Leonardo da Vinci yang dimiliki secara pribadi dan bukan bagian dari Royal Collection dan Devonshire Collections di Chatsworth, Inggris.

Baca Juga: Mangkir Latihan, Cristiano Ronaldo Malah Sowan ke Markas Ferrari

Lukisan "Head of Bear"  karya Leonardo da Vinci [Live Science].
Lukisan "Head of Bear" karya Leonardo da Vinci [Live Science].

Da Vinci membuat sketsa beruang itu seolah tampak menatap dengan malu-malu ke arah samping. Sketsa tersebut menggunakan teknik silverpoint, di mana seorang seniman menggunakan potongan tipis kawat perak untuk membuat goresan pada kertas.

Menurut catatan sejarah, da Vinci mempelajari teknik ini dari gurunya Andrea del Verrocchio, seorang pelukis dan pematung Italia.

Da Vinci menggambar sketsa yang mirip dengan kepala beruang pada paruh pertama tahun 1480-an, termasuk dua kucing dan seekor anjing yang dipajang di British Museum.

Pelukis sekaligus arsitek itu juga membuat sketsa cakar anjing yang dipajang di National Galleries of Scotland dan sketsa beruang berjalan yang dipajang di Metropolitan Museum of Art, New York.

Sketsa Head of Bear awalnya dimiliki oleh pengoleksi lukisan asal Inggris, Sir Thomas Lawrence. Ketika Lawrence meninggal pada 1830, dealernya menjual sketsa itu di lelang Christie seharga 3,50 dolar AS.

Baca Juga: Best 5 Oto: Aktor Bollywood Barter Motor, Arab Saudi Gagas Mobil Listrik

Sebelum dilelang, sketsa kepala beruang itu mulai dipamerkan di New York pada 8 Mei dan akan dibawa ke Hong Kong dalam pameran yang diselenggarakan pada 20 Mei dan 25 Mei.

Setelahnya, sketsa akan dibawa ke London untuk dipamerkan mulai 1-6 Juni sebelum akhirnya dilelang.

Komentar