alexametrics

Samudra Selatan: Luas, Letak, Fakta Menarik

Rifan Aditya
Samudra Selatan: Luas, Letak, Fakta Menarik
Samudra Selatan: Luas, Letak, Fakta Menarik. [Britannica]

Berikut informasi mengenai samudra terbaru di dunia, Samudra Selatan yang telah diresmikan saat peringatan Hari Laut Sedunia 2021.

Suara.com - Pada 8 Juni 2021 lalu, National Geographic Society resmi mengumumkan kehadiran samudra baru di dunia yang diberi nama Samudra Selatan atau Southern Ocean yang terletak di Antarktika. Maka dari itu, kini kita resmi memiliki 5 samudra di dunia.

Sebenarnya keberadaan Samudra Selatan ini telah lama diakui oleh para ilmuwan. Namun keberadaanya baru diresmikan saat peringatan Hari Laut Sedunia 2021.

"Samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kami tidak pernah secara resmi mengakuinya," ujar ahli geografi, Alex Tait dilansir dari laman resmi National Geographic.

Letak Samudra Selatan

Baca Juga: Bukan 4, Bumi Sekarang Punya 5 Lautan

Samudra Selatan terletak mengelilingi benua Antarktika atau lebih telatnya di 60 derajat lintang selatan di samping bibir pantai benua Antarktika, dan melingkupi bujur bumi. Dengan keberadaannya di benua Antarktika ini membuat suhunya sangat dingin.

Samudra ini mengambil tiga bagian selatan samudra lain yakni Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Luas Samudra Selatan

Secara keseluruhan Samudra Selatan memiliki luas 20.327.000 km2 termasuk di dalamnya Laut Bellingshausen, Laut Amundsen, sebagian Laut Ross dan Drake Passage serta sebagian kecil dari Laut Weddell dan Laut Scotia.

Luas Samudra Selatan ini hampir setara dengan 3 kali luas kepulauan Indonesia.

Baca Juga: Detektor Bom Nuklir Ungkap Populasi Rahasia Paus Biru di Samudra Hindia

Fakta-Fakta Menarik Samudra Selatan

Komentar