alexametrics

Cara Nonton Siaran TV Digital

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Cara Nonton Siaran TV Digital
Cara nonton tv digital tak berbeda jauh dari menyaksikan siaran tv analog. Foto: Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)

Cara nonton tv digital tak jauh berbeda dari menyaksikan siaran tv analog. Yang penting pastikan pesawat tv kamu sudah sesuai. Jika belum, siapkan set top box.

Suara.com - Siaran tv digital akan perlahan-lahan tersedia di seluruh Indonesia setelah mulai digelar pada 17 Agustus 2021 oleh pemerintah. Karena penting bagi publik untuk mulai belajar cara akses siaran tv digital.

Cara akses siaran tv digital sebenarnya mudah saja, tak jauh berbeda dengan yang selama ini sudah dilaksanakan untuk menikmati siaran tv analog. Yang penting adalah pesawat tv yang digunakan.

Berikut cara akses siaran tv digital di Indonesia:

  1. Pastikan pesawat televisi yang digunakan bisa menangkap siaran tv digital. Cek di sini untuk memeriksa tv kamu sudah bisa menangkap siaran digital.

  2. Jika pesawat tv di rumah kamu belum bisa menangkap siaran digital, kamu bisa membeli set top box. Cek di sini untuk memeriksa set top box yang bisa menangkap siaran tv digital di Indonesia.

  3. Pastikan pesawat tv kamu memiliki antena, baik itu outdoor maupun indoor.

  4. Setelah semuanya selesai, pilih opsi pengaturan/settings di pesawat tv dan pilih auto scan untuk memindai program siaran televisi digital yang ada di lokasi kalian.

Diwartakan sebelumnya, pemerintah akan mulai secara bertahap menggelar siaran tv digital di Indonesia dan melakukan migrasi dari siaran tv analog. Targetnya migrasi ini akan rampung pada November 2022.

Baca Juga: Daftar Set Top Box yang Bisa Tangkap Siaran TV Digital di Indonesia

Migrasi dari tv analog ke tv digital disebut akan membawa banyak manfaat, mulai dari lebih cepatnya koneksi internet hingga terbukanya banyak lapangan kerja baru di Indonesia.

Komentar