alexametrics

Donda Kanye West Ditunggu Penggemar Musik dan Scammers

Dythia Novianty
Donda Kanye West Ditunggu Penggemar Musik dan Scammers
Kanye West [shutterstock]

Album Kanye West terbaru membawa hype tersendiri dan mendorong Kaspersky menyelidiki apakah para pelaku kejahatan siber memanfaatkan euforia ini.

Suara.com - Album Kanye West terbaru membawa hype tersendiri dan mendorong Kaspersky menyelidiki apakah para pelaku kejahatan siber memanfaatkan euforia ini, berkedok “Donda”.

Para ahli tidak melihat minat yang signifikan dari para scammers, selama periode Juli hingga Agustus 2021, tapi mereka berhasil menemukan beberapa contoh program berbahaya dan tautan scam yang menyamar sebagai album musisi terkenal tersebut.

Secara khusus, para ahli menemukan dua file adware yang menyamar sebagai file media dengan trek baru:

  • Download-File-KanyeWestDONDA320.zip_88481.msi
  • Kanye West _ DONDA (Explicit) (2021) Mp3 320kbps [PMEDIA] __ - Downloader.exe

Pada opsi pertama, pengguna menerima tautan untuk mengunduh "album" dan diminta berpartisipasi dalam survei dan mengonfirmasi bahwa mereka bukan robot.

Baca Juga: Pakai Gaun Pengantin, Kim Kardashian Malah Dibilang Mirip Ibu Pengabdi Setan

Survei tersebut mencakup serangkaian pertanyaan, seperti "berapa penghasilan Anda" dan "apakah Anda ingin menjadi kaya?".

Ilustrasi scammers melalui telepon. [Shutterstock]
Ilustrasi scammers. [Shutterstock]

Setelah survei selesai, pengguna diarahkan ke situs web scam untuk menghasilkan uang dari bitcoin.

Tentu saja, tautan ke album yang diharapkan tidak pernah muncul, dan jika pengguna tergiur dengan tawaran menjadi jutawan bitcoin dan memasukkan data pribadi, mereka mungkin dapat kehilangan uang dan tidak mendapatkan akses ke album.

Contoh kedua – pengguna menemukan tautan ke arsip dengan album. Kenyataannya, arsip ini telah terinfeksi malware. Setelah membukanya, perangkat pengguna akan terinfeksi.

Baca Juga: 5 Selebriti Memutuskan Ganti Nama Setelah Terkenal

Komentar