alexametrics

Bilangan Prima: Pengertian dan Cara Menentukannya

Rifan Aditya
Bilangan Prima: Pengertian dan Cara Menentukannya
Cara menentukan bilangan prima - Ilustrasi rumus matematika, rumus fisika, rumus kimia. (Suara.com/Ema Rohimah)

Pertama, sebelum mulai tahu cara menentukan bilangan prima, kalian juga perlu paham pengertiannya. Apa itu bilangan prima?

Suara.com - Salah satu mata pelajaran Matematika dasar yang menarik untuk dibahas adalah bilangan prima. Suara.com kali ini akan mengajak membahas tentang bilangan prima dan daftar bilangan prima dari 1 sampai 100.

Pertama, sebelum mulai tahu cara menentukan bilangan prima, kalian juga perlu paham pengertiannya. Apa itu bilangan prima?

Pengertian Bilangan Prima 

Dilansir Sumber Belajar Kemendikbud Ristek, bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Baca Juga: Gara-Gara Pelajaran Matematika, Viral Pria Curhat Cekcok Hebat dengan Istri

Lawan bilangan prima adalah bilangan komposit yang memiliki lebih dari dua faktor, artinya pembagi bilangan tersebut bukan hanya bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh dari bilangan prima adalah 2,3, dan 5. Sedangkan contoh bilangan komposit adalah 4, 6, dan 9.

Cara Menentukan Bilangan Prima

Menentukan apakah suatu bilangan dapat dikatakan prima atau komposit tentunya mudah untuk dilakukan. Cara menentukan bilangan prima adalah dengan menggunakan faktor bilangan.

Faktor bilangan adalah bilangan yang bisa habis membagi suatu bilangan. Contoh adalah menentukan faktor dari bilangan 4. Bilangan 4 dapat habis dibagi oleh bilangan 1,2, dan 4. Kesimpulannya adalah faktor dari bilangan 4 adalah 1, 2, dan 4. Hal ini berarti bilangan 4 bukan berarti bilangan prima karena memiliki faktor lebih dari 2 yaitu bilangan 1,2, dan 4.

Contoh bilangan prima adalah bilangan 3. Faktor dari bilangan ini adalah 1 dan 3, artinya bilangan 3 hanya bisa habis dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Baca Juga: Anak Susah Diajari Matematika? Coba 5 Strategi Berikut Ini

Daftar Bilangan Prima (1-100)

Komentar