alexametrics

Perseverance Rover Konfirmasi Keberadaan Danau di Mars pada Masa Lalu

Dythia Novianty
Perseverance Rover Konfirmasi Keberadaan Danau di Mars pada Masa Lalu
Danau di Kawah Jazero Mars di masa lalu. [NASA]

Sebuah laporan terbaru, foto yang diambil Perseverance rover di awal misinya mengonfirmasi adanya sebuah danau besar di masa lalu.

Suara.com - Sebuah laporan terbaru, foto yang diambil Perseverance rover di awal misinya, sebelum robot seukuran mobil mulai menjelajah, mengonfirmasi adanya sebuah danau besar dan delta sungai di masa lalu.

Pendaratan pada Februari di Kawah Jezero selebar 28 mil (45 kilometer), karena dari pengamatan sebelumnya telah memperlihatkan indikasi ini.

"Tanpa mengemudi ke mana pun, rover mampu memecahkan salah satu hal besar yang tidak diketahui, yaitu bahwa kawah ini dulunya adalah sebuah danau," kata rekan penulis studi Benjamin Weiss, seorang profesor ilmu planet di Massachusetts Institute of Technology.

Kemudian, dilakukan pemastian dan itu benar merupakan sebuah danau, sebagaimana melansir Space, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: UEA Akan Meluncurkan Pengujian Menargetkan Asteroid antara Mars dan Jupiter

Proses penjelajahan Perseverance memiliki dua tugas utama selama misinya yang bernilai 2,7 miliar dolar AS, yakni berburu tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu dan mengumpulkan, serta menyimpan lusinan sampel dibawa ke Bumi di masa depan.

Kawah Jezero dianggap sebagai tempat yang baik untuk melakukan pekerjaan ini, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh pesawat luar angkasa seperti NASA's Mars Reconnaissance Orbiter.

Danau di Kawah Jazero Mars di masa lalu. [NASA]
Danau di Kawah Jazero Mars di masa lalu. [NASA]

Citra orbital menunjukkan, fitur berbentuk kipas di Jezero yang ditafsirkan oleh anggota tim misi sebagai delta atau empat di mana sungai bermuara ke danau sekitar 3,7 miliar tahun lalu, menyimpan sedimen yang dapat menampung bukti mikroba Mars kuno.

Studi terbaru yang diterbitkan online Kamis (7/10/2021), di jurnal Science, para peneliti menganalisis foto-foto awal bahwa Perseverance memotret diduga delta dari jauh.

Pengambilan gambar dilakukan dengan rangkaian pencitraan Mastcam-Z dan kamera pada instrumen SuperCam.

Baca Juga: Misi Mars Terhenti dan Komunikasi Padam 2 Minggu, Ini Penyebabnya

Foto-foto ini menangkap tepi singkapan delta besar serta butte terisolasi yang dijuluki "Kodiak," yang menurut tim merupakan sisa erosi dari formasi yang sama.

Komentar