alexametrics

Kominfo Imbau Media Tak Hanya Kejar Rating

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Kominfo Imbau Media Tak Hanya Kejar Rating
Ilustrasi teknologi digital. [Shutterstock]

Industri media penyiaran memiliki peran penting untuk membumikan Pancasila dan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak industri media penyiaran di Indonesia untuk memperhatikan kualitas konten. Menurutnya, tolok ukur kualitas konten tidak hanya dilihat dari rating, tapi juga sisi kebermanfaatan serta nilai informasi.

"Saya mengajak seluruh pelaku industri media dan penyiaran untuk meningkatkan praktik industri, agar kini menambah acuan kualitas konten tidak hanya berdasarkan rating, namun juga pada kebermanfaatan, tingkat informasi yang diberikan serta nilai kebudayaan Indonesia," kata Plate, dikutip dari siaran pers, Minggu (17/10/2021).

Sebagai salah satu sarana penyebaran informasi, hiburan, dan edukasi masyarakat, Johnny menyebut industri media penyiaran memiliki peran penting untuk membumikan Pancasila dan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate berbicara dalam pertemuan lima lembaga untuk memberantas pinjol ilegal pada Jumat (20/8/2021). [Antara]
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate [Antara]

"Peran penting tersebut sudah seyogyanya menjadi panduan bagi pelaku industri media dan penyiaran dalam pelaksanaan kegiatan komersial yang dilakukan, pemilihan konten, apresiasi dan perlindungan terhadap produsen konten," tuturnya.

Baca Juga: Rachel Vennya Kabur Karantina, Pemerintah Janji Jatuhkan Sanksi Tegas

Johnny mengharapkan berbagai kegiatan konten penyiaran harus mampu menghadirkan hiburan yang edukatif. Sehingga dari sisi kebermanfaatannya, pelaku industri media dan penyiaran telah melaksanakan peran penting dalam menyebarkan konten berkualitas.

Ia meyakini peluang itu bisa dikembangkan karena Indonesia dianugerahi budaya yang beragam dan menarik untuk diolah menjadi tayangan hiburan bagi masyarakat.

"Maka pemanfaatan teknologi digital diharapkan mentransformasi praktik industri eksisting, agar menjadi semakin efisien dan edukatif untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital, Semakin Maju," pungkasnya.

Komentar