alexametrics

Daur Hidup Kupu-Kupu dengan Metamorfosis Sempurnanya

Rifan Aditya
Daur Hidup Kupu-Kupu dengan Metamorfosis Sempurnanya
Daur Hidup Kupu-Kupu dengan Metamorfosis Sempurnanya - Ilustrasi Kupu-Kupu Pembawa Kebahagiaan (unsplash)

Kita coba bedah tahap demi tahap yang dilalui kupu-kupu sebelum menjadi hewan yang cantik dan indah dalam proses daur hidup kupu-kupu berikut ini.

Suara.com - Mungkin sekilas Anda akan teringat pada pelajaran kala berada di jenjang pendidikan Sekolah Dasar saat melihat judul artikel ini. Daur hidup kupu-kupu, jika diingat ternyata cukup menarik untuk dicermati.

Maka mari, kita coba bedah tahap demi tahap yang dilalui kupu-kupu sebelum menjadi hewan yang cantik dan indah dalam proses daur hidup kupu-kupu berikut ini.

Daur Hidup Kupu-Kupu

Kupu-kupu sendiri mengalami bentuk metamorfosis sempurna, dimana semua tahap metamorfosis dijalani. Mulai dari telur, menjadi ulat, menjadi kepompong, dan akhirnya mencapai wujud sempurna kupu-kupu.

Baca Juga: Proses Metamorfosis Kupu-Kupu, Sering Diandaikan Jadi Filosofi Hidup

Sementara beberapa serangga atau hewan lain justru mengalami metamorfosis tidak sempurna, yang tahapannya sedikit berbeda. Tahapnya mulai dari telur, nimfa, lalu menjadi serangga dewasa.

Mari kita bahas satu per satu tahapan metamorfosis sempurna kupu-kupu ini.

1. Telur

Adalah tahap pertama dari daur hidup kupu-kupu, dan merupakan wujud terkecil. Telur biasanya diletakkan di bagian bawah daun agar terhindar dari predator, dan bisa bertahan hingga menetas. Hal ini terbilang unik, sebab hingga saat ini belum ditemukan cara kupu-kupu meletakkan telur ini di bagian bawah daun.

2. Ulat

Baca Juga: Siklus Daur Hidup Katak, dari Kecebong sampai Punya Kaki

Setelah kurang lebih satu bulan, telur menetas dan munculah ulat dari telur tersebut. Kegiatan utama yang dilakukan adalah makan, makan, dan makan, hingga siap untuk mencapai tahap selanjutnya dari daur hidup mereka.

Komentar