alexametrics

Telkomsel Operator Terbaik, Tri Masih Rajai Game

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Telkomsel Operator Terbaik, Tri Masih Rajai Game
Logo Telkomsel. [Antara]

Telkomsel memenangkan empat dari tujuh penghargaan sekaligus.

Suara.com - Perusahaan riset jaringan seluler, Opensignal, baru saja merilis Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia per Desember 2021. Hasilnya, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler terbaik di Indonesia, sementara Tri unggul dalam pengalaman bermain game.

"Telkomsel memenangkan empat dari tujuh penghargaan sekaligus yang diraihnya sebelumnya," kata Open Signal, dikutip dari situs resminya, Rabu (8/12/2021).

Adapun penghargaan yang diraih Telkomsel yakni Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Jangkauan 4G.

Untuk pengalaman kecepatan unduh, Telkomsel menduduki peringkat pertama dengan skor 16,3 Mbps. Di bawahnya ada XL Axiata dengan 15,5 Mbps, Indosat Ooredoo 13,2 Mbps, 3 (Tri Indonesia) dengan 10,9 Mbps, dan Smartfren 8,9 Mbps.

Baca Juga: XL dan Telkomsel Gratiskan Layanan di Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sementara di pengalaman kecepatan unggah, Telkomsel menjadi operator seluler tercepat dengan 8,1 Mbps. Kemudian disusul Indosat Ooredoo 7,2 Mbps, XL Axiata 6,7 Mbps, Tri 5,9 Mbps, dan Smartfren 1,7 Mbps.

Di kategori pengalaman video, Telkomsel juga menjadi yang pertama dengan 62,8 poin. Di bawahnya ada Indosat dengan 58,9 poin, XL 58,7 poin, Tri 58 poin, dan Smartfren 48,8 poin.

Kategori terakhir adalah Pengalaman Cakupan 4G, yang juga ditempati Telkomsel dengan 8,6 poin. Kemudian ada XL dengan 6,3 poin, Indosat 6,2 poin, Smartfren 5 poin, dan Tri 4,6 poin.

Sebagai catatan, penilaian poin pengalaman video menggunakan skala 0-100 poin. Sementara penilaian poin cakupan 4G menggunakan skala 0-10.

Meski unggul empat penilaian, Telkomsel masih belum mencapai penilaian sempurna. Sebab, total penilaian Open Signal mencakup tujuh poin.

Baca Juga: Telkomsel: 4 dari 10 Debitur di Indonesia Manfaatkan Layanan Pinjol

Telkomsel memang menang di Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Jangkauan 4G. Namun poin lain seperti Pengalaman Game Seluler, Aplikasi Suara, dan Ketersediaan 4G dimenangkan operator lain.

Komentar