alexametrics

Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Alternatif?

Rifan Aditya
Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Alternatif?
Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Alternatif? - Ladang kincir angin di Westermeerdijk Urk, Belanda (Shutterstock)

Apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif? Simak penjelasan singkatnya berikut.

Suara.com - Dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan berusaha untuk mencari sumber energi alternatif agar keberlangsungan hidup manusia terjamin. Dalam artikel ini kalian akan mengenal apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif.

Apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif? Bagi kamu yang masih awam dan tidak begitu memahami tentang apa itu energi alternatif dan sederet manfaat serta contoh penggunaannya di kehidupan sehari-hari, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Sumber Energi Alternatif

Pencarian sumber energi alternatif dimaksudkan sebagai pengganti bahan bakar dari fosil dan minyak bumi yang digunakan sebagai sumber energi utama untuk kebutuhan sehari-hari manusia saat ini.

Baca Juga: Biar Makin Ramah Lingkungan, Dua Pabrikan India Ini Siapkan Motor Berbahan Bakar Etanol

Energi alternatif diharapkan mampu mendapatkan sumber tenaga yang tidak hanya terbarukan dan tanpa batas, namun juga aman bagi kehidupan seluruh makhluk di bumi. Karena pentingnya peran energi alternatif tersebut, masyarakat di seluruh dunia diharapkan mampu beralih ke sumber energi yang terbarukan.

Melansir buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD oleh Tim Sains Quadra (2007), energi alternatif biasa disebut dengan sumber energi terbarukan. Energi alternatif merupakan segala jenis sumber energi yang digunakan untuk mengganti bahan bakar energi konvensional yang bisa habis dan tidak ramah lingkungan.

Adanya energi alternatif ini ditujukan untuk mengurangi pemakaian energi hidrokarbon yang menyebabkan polusi dan juga merusak lingkungan. Pasalnya, emisi karbon dioksidanya sangat tinggi dan menjadi pemicu global warming.

Menurut informasi dari Encyclopaedia Britannica, di awal abad ke 21, setidaknya sebanyak 80% energi di dunia merupakan hasil pengolahan bahan bakar fosil menjadi batu bara, gas, alam, dan minyak bumi. Ketiga jenis energi tersebut berasal dari fosil makhluk hidup yang telah terkubur selama jutaan tahun lamanya, dan tergolong sebagai energi tak terbarukan.

Itu artinya, kapasitasnya terbatas dan jika terus digunakan, lama kelamaan akan habis. Jika hanya bergantung pada jenis energi tersebut, maka sudah pasti manusia akan memasuki masa krisis, hingga energi alternatif berhasil ditemukan dan digunakan secara merata.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Energi Alternatif

Komentar