facebook

MediaTek Kompanio 1380 Dirilis, Prosesor Baru untuk Chromebook Premium

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
MediaTek Kompanio 1380 Dirilis, Prosesor Baru untuk Chromebook Premium
Mediatek meluncurkan presesor Kompanio 1380. Menyasar laptop chromebook premium. Foto: Ilustrasi logo perusahaan semikonduktor asal Taiwan, Mediatek. [Shutterstock]

MediaTek Kompanio 1380 sudah digunakan pada laptop Acer Chromebook Spin 513.

Suara.com - MediaTek resmi meluncurkan chipset baru yang disebut Kompanio 1380. Ini adalah prosesor yang akan memperkuat perangkat Chromebook kelas premium.

Sebenarnya MediaTek Kompanio 1380 sudah dikenalkan di CES 2022 lewat perangkat Acer Chromebook Spin 513. Tetapi ketika itu, informasinya masih terbatas.

Setelah resmi diumumkan pekan ini, MediaTek Kompanio 1380 diketahui dilengkapi CPU octa-core dengan empat core performa ARM Cortex-A78 yang menjalankan clock speed 3GHz. Pelengkapnya adalah empat core efisiensi ARM Cortex-A55 dengan clock speed 2GHz.

Untuk menjalankan grafis, MediaTek Kompanio 1380 menggunakan GPU ARM Mali-G57. Prosesor ini sudah mendukung RAM LPDDR4x 2.133MHz quad-channel.

Baca Juga: Diklaim Perdana di Dunia! MediaTek Demo Teknologi Wi-Fi 7

Selain itu, chipset tersebut juga membawa MediaTek APU 3.0. Ini adalah prosesor AI multi-core yang mengoptimalkan kamera AI, voice AI, hingga masa pakai baterai.

MediaTek Kompanio 1380 mendukung hingga dua layar 4K 60 Hz atau satu layar 4K 60Hz ditambah dua layar 4K 30Hz. Dengan A1 Hardware Decoding, pengguna dapat melakukan streaming film dan acara TV 4K.

Prosesor juga dilengkapi dengan digital signal processor (DSP) khusus yang menyediakan kemampuan suara voice on wakeup (VoW) berdaya ultra rendah. Sementara untuk konektivitas, prosesor ini mendukung teknologi Wifi 6, Wifi 6E, serta Bluetooth 5.0.

"Chip ini unggul dengan membawa kinerja processing luar biasa, fitur multimedia dan AI terbaik di kelasnya, dan kemampuan cloud gaming yang mulus. Semuanya terintegrasi ke dalam chip 6nm yang amat efisien," kata C Tseng, General Manager Intelligent Multimedia Business Unit MediaTek, dikutip dari XDA Developers, Kamis (27/1/2022).

MediaTek Kompanio 1380 akan bersaing dengan chip berbasis ARM serupa dari pesaingnya Qualcomm, lewat Snapdragon 7c. Diketahui prosesor ini juga muncul di Chromebook Spin 513 generasi sebelumnya.

Baca Juga: Tiga Laptop Acer Terbaru Meluncur, Andalkan Sistem Chromebook

Namun Acer Chromebook Spin 513 versi MediaTek Kompanio 1380 direncanakan mulai dijual pada April mendatang, bersamaan dengan laptop chromebook lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar