facebook

5 Channel YouTube Edukasi untuk Belajar Sains dengan Mudah

RR Ukirsari Manggalani
5 Channel YouTube Edukasi untuk Belajar Sains dengan Mudah
Kok Bisa, YouTube Education berbahasa Indonesia [screenshot YouTube]

Dikemas ringan dan seru, sains menjadi hal yang menyenangkan untuk dibahas.

Suara.com - YouTube adalah situs berbagi video yang banyak digunakan saat ini. Layanan file sharing berbasis web, video/audio ini memungkinkan individu mendapatkan informasi, juga bisa menjadi media pembelajaran.

Masuknya YouTube sebagai media pembelajaran adalah cara yang mudah dan user-friendly untuk meningkatkan keterampilan mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan pengajaran.

Channel YouTube edukasi memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi baru dan belajar melalui video interaktif, bahkan mengikuti kelas online melalui live streaming.

Ada beberapa channel YouTube yang memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan dengan sangat menarik, khususnya sains. Bagi yang suka sains, semuanya dikemas dengan menarik, sehingga tidak akan bosan menontonnya.

Baca Juga: Astronom Temukan Bintang Jenis Baru, Penuh Misteri Bagi Sains

Berikut channel YouTube edukasi untuk belajar sains berbahasa Indonesia, yang dirangkum HiTekno.com, jaringan Suara.com yang sudah kami rangkum:

1. Kok Bisa

Channel YouTube edukasi Kok Bisa menjadi pelopor Youtube dengan konten edukasi Indonesia. Melalui animasi graphic motion, menjelaskan pertanyaan dan konsep sains yang rumit secara kontekstual dan lebih mudah dipahami.

Ada banyak topik yang diangkat, mulai dari membahas hal ringan sampai topik berat yang dikemas secara sederhana.

Sains Bro, salah satu YouTube Education berbahasa Indonesia [screenshot YouTube].
Sains Bro, salah satu YouTube Education berbahasa Indonesia [screenshot YouTube].

2. Sains Bro

Baca Juga: Belajar Nama-nama Benda, Bocah Ini Malah Sebut Doa Sapu Jagat

Sains Bro adalah channel YouTube edukasi di Indonesia yang membantu menjelaskan berbagai hal tentang SAINS dengan menyenangkan dan sederhana agar mudah dipahami.

Gaya penjelasannya menarik, dengan konsep video whiteboard semacam minutephysics atau ASAPscience.

3. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya merupakan channel yang menyajikan konten seputar sains, teknologi dan masyarakat yang dikemas dengan ringan.

Channel YouTube edukasi ini membahas pertanyaan-pertanyaan random yang sering ditanyakan oleh orang-orang.

Channel ini dikelola oleh sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi.

KHT! Kamu Harus Tahu, YouTube Education berbahasa Indonesia [screenshot YouTube].
KHT! Kamu Harus Tahu, YouTube Education berbahasa Indonesia [screenshot YouTube].

4. KHT! - Kamu Harus Tahu

Channel YouTube edukasi yang menyajikan berbagai informasi dan pengetahuan sains dalam bentuk animasi. Memiliki konsep yang hampir sama dengan Kok Bisa. Tapi bedanya KHT! Memiliki karakter bernama Joni yang pintar dan selalu ingin tahu.

5. Fajrul Fx

Tak jauh beda dengan channel YouTube edukasi di atas, channel milik Fajrul Falah ini memberikan konten edukasi tentang penerapan-penerapan sains.

Konten sainsnya ini membahas pembuktian sains yang ada di beberapa film seperti Dr. Stone, Steins Gate, Attack on Titan, Naruto hingga Interstellar. Selain itu channel ini juga menyajikan konten astronomi, sains dalam game, dan menjawab pertanyaan sains di brainly.

Pasha Aiga Wilkins

Komentar